Belajar Bahasa Inggris Dengan Media Flashcard, Inovasi Team ABDIMAS UTM Menuju Sekolah Bertaraf Internasional

Redaksi By Redaksi
2 Min Read
Proses pembelajaran siswa di kelas dengan menggunakan media flashcard, terlihat para siswa antusias mengikuti pembelajaran.

SAMPANG, Suararakyat.id – Di zaman modern seperti hari ini, kita dituntut untuk hidup mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan mengembangkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Dimana Bahasa inggris adalah bahasa yang telah ditetapkan sebagai bahasa internasional, tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran dasar bahasa inggris perlu diterapkan sejak dini salah satunya dengan mennggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang mampu digunakan oleh pendidik untuk mempermudah dalam penyampaian sebuah informasi kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah media atau alat. Peserta didik mampu dengan mudah dalam memahami materi dan meningkatkan minat belajarnya.

Merespon itu, team abdimas UTM kelompok 23 2022 yang bertempat di Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang bersama dosen Pembimbing Lapangan Bapak Mashudi SE., MEI, mengadakan pembelajaran bahasa inggris bersama siswa-siswi SDI Al-Abror.Kegiatan belajar mengajar bahasa inggris ini menggunakan beberapa media, salah satunya flashcard.

Media pembelajaran flashcard ialah sebuah kartu yang berisikan gambar, teks maupun simbol sehingga dapat menuntun siswa dalam mengingat suatu hal berkaitan dengan kartu tersebut.

“Belajar bersama siswa-siswi SDI Al-Abror menggunakan media pembelajaran flashcard bertujuan untuk memberikan hal yang baru bersifat menyenangkan” penuturan dari Risqiyati Ramadhani selaku penanggung jawab sekaligus salah satu pengajar dalam kegiatan ini, Sabtu (31/12/2022).

Selama kegiatan berlangsung siswa-siswi SDI Al-Abror sangat antusias dalam belajar bahasa inggris. Mulai flashcard bertema profesi hingga hobi peserta didik mulai menerapkan pada kehidupan sehari-hari mereka.

“Adanya teman-teman dari team pengabdian masyarakat UTM dapat membantu siswa-siswi disini meningkatkan semangat belajar dengan ilmu yang kalian berikan” ujar Sidik selaku salah satu tenaga pengajar SDI Al-Abror.

Harapan Risqi selaku pengajar pada kegiatan ini, yaitu mampu membantu siswa-siswi di SDI Al-Abror dalam memahami materi bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan. Serta media pembelajaran yang telah digunakan mampu dimanfaatkan berkelanjutan di kemudian hari. (Sol)

Share This Article