Rokok Ilegal Semakin Marak di Sumenep, Gerakan Anti Rokok Ilegal Turun Gunung

Redaksi By Redaksi
2 Min Read

SUMENEP, suararakyat.id – Rokok Ilegal Semakin Marak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Berbagai macam rokok tak bercukai tersebut beredar baik di warung kopi dan toko di areal kota keris ini.

Maraknya Peredaran Rokok Ilegal di Kabupaten Sumenep diduga banyaknya gudang di Kabupaten Paling Timur Pulau Madura yang memproduksi sendiri, baik produksi dan pengemasan sendiri. Sehingga rokok ilegal atau tanpa cukai mudah di dapat dan dijual bebas.

Padahal, efek dari rokok tanpa cukai merugikan terhadap Negara. Mengingat pajak cukai menjadi pendapatan Negara. Sehingga menjadi ancaman besar terhadap kerugian Negara.

Melihat hal tersebut, pemuda yang tergabung dalam Gerakan Anti Rokok Ilegal (GARI) melakukan deklarasi sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman tersebut. Senin, (24/06/2024).

Menurut Ketua GARI, Siswadi menyampaikan secara tegas bahwa peran pemuda sangat tepat. Sebab, pemuda sebagian besar perokok aktif. Sedangkan peredaran rokok ilegal membidik orang men kebawa dan juga pemuda.

“Sehingga kami harus terlibat dan meras terpanggil untuk ikut menyelamatkan kerugian yang akan menimpa negara,” ujar Adi Sajeget panggilan akrab siswadi.

Ia juga memaparkan, Fenomena rokok ilegal menjadi tantangan besar yang sepertinya tidak mampu untuk diselesaikan. Bahkan keberadaan rokok ilegal nyaris sama dengan keberadaan rokok legal itu sendiri.

Akhirnya Negara sebagai pengendali utama sudah terasa memiliki keterbatasan untuk pengentasan rokok ilegal baik melalui kebijakan pemerintah maupun melalui penegakan dan penindakan.

Tumbuh suburnya rokok ilegal ini ditafsirkan banyak hal, mulai naiknya tarif cukai dan harga rokok legal atau memang menjadi persaingan sebuah bisnis.

“Namun, apapun alasan tersebut peredaran rokok ilegal ini tentu harus dilawan oleh negara untuk menyelamatkan pendapatan negara dari sektor pajak ini,” jelasnya.

Pihaknya melalui GARI bersepakat menjadi gerakan alternatif untuk mencari solusi terbaik dari hulu hingga hilir dari persoalan rokok ilegal ini.

“Kami akan fokus melakukan kajian beberapa mulau Investigasi persoalan mendasar mulai dari hulu hingga hilir, Bekerjsama dengan pihak terkait dalam hal sosialisasi, pencegahan, penindakan dan alternatif solusinya dan Pengawasan dari tingkat produksi, distribusi hingga pemasaran,” janjinya.

Share This Article