Mahasiswa KKN-T 86 hadir mengedukasi masyarakat terkait pemasaran berbasis online. Edukasi ini dilakukan dengan memaparkan pentingnya menjadi pelaku usaha dengan pasar yang berbasis online. Mengingat di era digital seperti ini, sebagian besar orang memilih untuk melakukan kegiatan jual beli secara online. Selain karena tidak memerlukan banyak biaya transportasi, jual beli online juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Kgiatan ini dilakuakan pada Sabtu (4/6).
Pengenalan pasar berbasis online yang dilakukan oleh rekan KKN-T 86 ini memfokuskan pada e-commerce berupa aplikasi Shopee dan Media Sosial. Tak hanya itu, masyarakat juga diajarkan langkah-langkah membuka toko di aplikasi Shopee serta cara pengelolaannya dengan menampilkan video tutorial sebagai medianya.
Masyarakat dapat menjual berbagai jenis produk melalui aplikasi Shopee, dan dapat mempromosikan link produk tersebut melalui sosial media. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
Laila salah satu rekan KKN-T 86 berkolaborasi dengan rekan KKN-T 86 lainnya untuk menjadikan produk olahan Jagung dan selai kacang yang merupakan bahan utama hasil tani mereka sebagai produk yang dapat dipasarkan di e-commerce dan media sosial.
“Sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals), kami memiliki harapan besar, agar pelatihan produk olahan dan pengoptimalan pemasaran berbasis online ini, menjadi batu loncatan yang dapat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat Desa kedepannya” Ujar Laila.