Dukung Percepatan Industri Halal, Halal Center UTM Lakukan Pendampingan Sertifikasi Halal bagi UMKM Kecamatan Puncu Kediri

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Halal Center Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM di Kecamatan Puncu, Kediri. Kamis (5/10/2023).

Kerjasama ini dipelopori oleh Sekretaris Desa Gadungan Heri Cahyono Setiawan, SP yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan diseminasi hasil penelitian unggulan UTM untuk UMKM di wilayah Kecamatan  Puncu yang telah dilakukan sebelumnya. 

“Kami melihat potensi UMKM yang tumbuh dan berkembang di wilayah kami, akan tetapi tidak dapat dipasarkan dalam supermarket karena belum memiliki sertifikat halal, sehingga kami tidak main-main untuk mendatangkan ahlinya dari UTM” terang Heri. 

Heri berharap melalui kegiatan tersebut akan banyak UMKM di Kecamatan Puncu, Kediri yang memiliki sertifikat halal dan mampu menembus pasar nasional.

Sementara itu, Ketua Halal Center Universitas Trunojoyo Madura Hammam, Lc., M.Sy mengaku senang dapat membantu ribuan UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal.

“Alhamdulillah kami sudah berhasil membantu 1.973 UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal,” tuturnya.

Lebih lanjut Hammam mengatakan untuk mengurus sertifikat halal sebenarnya sangat mudah dan gratis yaitu melalui jalur self declare. Self declare adalah pernyataan status halal produk oleh pelaku usaha itu sendiri. 

Namun, Self declare tidak serta merta bisa membuat pelaku menyatakan bahwa produknya halal. tetapi harus tetap ada mekanisme yang mengaturnya.

“Banyak UMKM yang belum paham sehingga enggan untuk mengurus sertifikat halal, oleh karena itu Halal Center UTM siap membantu UMKM” pungkasnya. (Red).

Share This Article