Indonesia Dan Abu Dhabi Hasilkan MOU UAE-CEPA

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

NASIOANAL, suararakyat.id – Presiden Republik Indonesia telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Abu Dhabi. Pertemuan itu berlangsung hangat dan hikmat di Negara Abu Dhabi.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden RI (Republik Indonesia) membahas tindak lanjut serangkaian kerjasama, diantaranya dalam hal ekonomi, industri pertahanan, lingkungan hidup, kebudayaan, pembangunan ibu kota, kerjasama investasi, dan sampai pada isu Presidensi Indonesia di G-20.

Dalam kunjungan kedua presiden kali ini telah ditanda tangani oleh Indonesia UAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement) pada Jumat, (1/7).

Perundingan CEPA kali ini merupakan perundingan tercepat yang pernah dilakukan oleh Indonesia dengan Negara mitra. Indonesia hanya memerlukan 1 tahun waktu perundingan. Habis itu langsung tindak lanjut UAE CEPA.

Dengan terbentuknya Indonesia UAE CEPA, pertama diharapkan mampu membuka kerjasama baru khususnya dalam hal industri jasa, industri halal dan jasa keuangan syariah. Kedua, dalam kunjungan ini juga diperkuat dengan kerjasama di bidang pertahanan, dan sudah ditandatangani oleh kedua menteri pertahanan kedua negara. Ketiga, kedua negara telah bekerjasama dalam hal perubahan iklim yaitu melalui pengembangan mangruf. Sabtu, (2/7).

Tidak hanya itu persetujuan kedua negara tersebut juga mencakup MOU di bidang kelautan dan perikanan, industri pertahanan, dan tentang obat-obatan dan pengendalian vaksin.

Kedua negara juga membahas tentang tindak lanjut terkait kerjasama di bidang pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) Indonesia, khususnya dalam hal investasi pembangunan. (Idrus)

Share This Article