Inovatif, Mahasiswa Pertanian UTM Olah Limbah Garam Jadi Produk Kecantikan Body Scrub

Redaksi
By Redaksi
4 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Nigari Body Scrub merupakan salah satu produk tim PKM Universitas Trunojoyo Madura yang lolos pendanaan Belmawa Kemendikbud Ristek Dikti 2023 skema Kewirausahaan (PKM-K). Tim ini di pimpin oleh Dinda Maulida Aksara dengan anggota Najla Syakilah, Defira Trixie Arviana, dan Yolanda Herlyana Putri yang merupakan mahasiswa Pertanian Universitas Trunojoyo Madura tahun 2021. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada  Kemendikbud Ristek Dikti 2023 atas pendanaan yang diberikan sehingga kita dapat menjalankan program dengan baik” ucap Najla, salah satu anggota tim PKM K

Tim yang dibimbing oleh salah satu Dosen dari Program Studi Agroekoteknologi, Dr. Mustika Tripatmasari, S.P., M.Si membuat inovasi produk yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan suatu produk kecantikan dan perawatan tubuh yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit dengan pemanfaatan kelimpahan bahan alami sari air laut Madura

Produk kecantikan tersebut menggunakan garam sebagai bahan utamanya. Dimana, masih sangat jarang terdapat di pasaran khususnya di Pulau Madura, mengingat pemanfaatan garam untuk wajah dan tubuh yang dilakukan selama ini hanya dengan menggunakan air garam atau dicampurkan dengan madu dan bahan lain sebagai masker alami. Oleh karena itu, diperlukannya suatu inovasi baru dari produk kecantikan dan kesehatan dengan memanfaatkan garam sebagai bahan utamanya, dimana garam sendiri memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Koordinator Pengembangan Produksi Nigari Body Scrub, Dinda mengungkapkan tujuan dari adanya inovasi garam pada body scrub.

“Kami berupaya membuat inovasi baru dengan diversifikasi garam berupa produk kecantikan Body Scrub yang berbahan dasar sari air laut (Nigari) dengan fortifikasi menggunakan sayur-sayuran seperti mentimun, kelor, bengkuang, dan kunyit,” terang Dinda.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan jika Nigari Body Scrub memadukan bahan-bahan alami terbaik yang dikenal dalam perawatan kulit yaitu rempah-rempah lokal. Di zaman yang sibuk seperti sekarang ini, kita sering lupa untuk menjaga diri sendiri. Namun, kecantikan sejati datang dari dalam, dan merawat diri sendiri adalah salah satu bentuk cinta terbaik yang bisa Anda berikan pada diri sendiri. Impian memiliki kulit sehat dan cerah bisa terwujud dengan Nigari Scrub Treatment. 

“Nigari Body Scrub memadukan bahan-bahan alami terbaik yang dikenal dalam perawatan kulit yaitu rempah-rempah lokal. Exfoliator Nigari Body Scrub yang mengembalikan kelembaban kulit dan memberikan cerah alami,” Imbuhnya.

Apa yang membuat Nigari Body Scrub begitu istimewa dan berbeda? 

1. Kandungan Bahan Alami: Body scrub hasil inovasi Mahasiswa UTM terbuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan tahapan yang steril terdiri dari bahan alami antara sari air laut madura, garam dengan ekstrak sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti timun, kelor, kunyit, dan bengkoang.

2. Kelembutan: Body Scrub tersebut dirancang untuk cocok dengan semua jenis kulit dan memberikan pengalaman yang lembut dan nyaman.

3. Kaya Nutrisi dan Manfaat: Setiap butiran body scrub mengandung nutrisi bagi kulit anda, membuatnya cerah berseri dan lebih sehat.

Tidak perlu menunggu lama lagi, jadikan body scrub Nigari sebagai bagian dari rutinitas kecantikan Anda sekarang juga. Temukan kecantikan baru dan temukan diri Anda dalam sentuhan lembut lulur Nigari. Jangan lewatkan kesempatan untuk memanjakan diri Anda. Dapatkan produk kami sekarang dan hadirkan keajaiban perawatan kulit ke dalam hidup Anda! (Red)

Share This Article