Jokowi Resmikan Proyek Rumah Sakit Senilai Rp 500 Miliar di IKN

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

JAKARTA, Suararakyat.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini kembali meresmikan peluncuran proyek investasi swasta di Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan Kalimantan Timur. Peresmian pekerjaan tersebut dilakukan terkait dengan proyek pembangunan RS Mayapada  Nusantara.

Menurutnya, ini merupakan rumah sakit kedua yang dibangun di Nusantara. Jokowi meminta  target pembangunan yang diharapkan selesai pada paruh kedua tahun 2024 bisa tercapai.

Ia menegaskan, setelah dimulainya pembangunan, pembangunan rumah sakit yang direncanakan dengan model green Hospital tidak boleh mandek. 

“Pembangunan agar segera dilaksanakan jangan groundbreaking terus berhenti, terus kerja, semester kedua 2024 kita harapkan sudah bisa operasi. Operasi dan memberikan pelayanan bagi ibu dan anak, penanganan kegawatdaruratan jantung, struk, emergency dan ortopedi,” ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan virtual, Rabu (1/11/2023).

Jokowi sendiri yakin rumah sakit ini bakal memberikan pelayanan yang baik karena bekerja sama dengan Apollo Hospital dari India.

 “Saya yakin ini akan jadi rumah sakit yang baik karena bekerja sama dengan Apollo Hospital di India,” tegas Jokowi.

Jokowi mengungkapkan Mayapada Hospital akan mengimplementasikan ide green Hospital. Dimana efisiensi dan konservasi energi akan menjadi prioritas utama  rumah sakit.

“Ini akan menjadi rumah sakit hijau untuk mendukung pengembangan ibu kota Indonesia sebagai ibu kota negara pertama di dunia yang menerapkan konsep forest city,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyebut, jika 20% dari total luas lahan RS akan dijadikan RTH. Bahkan akan dilengkapi dengan healing garden alias taman pemulihan. Jokowi memastikan seluruh pasien  mudah sembuh dengan konsep serba hijau ini.

 “20% dari total luas lahan akan dijadikan ruang hijau, dilengkapi dengan taman penyembuhan dengan sistem pengelolaan taman untuk mempercepat proses penyembuhan pasien. Jadi kalau ada pasien yang sakit di sini lihat saja yang hijau di kanan, hijau kiri, depan hijau, keluar dari ruang hijau, semoga cepat sembuh,” jelas Jokowi.

Jokowi merekomendasikan agar RS Mayapada Nusantara menjadi contoh rumah sakit  ramah lingkungan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi, menggunakan energi dan air secara efisien, memaksimalkan sinar matahari, membangun sistem daur ulang air limbah yang baik, dan menyediakan tangki air hujan.

Share This Article