Kenalkan Pelaku UMKM Desa Gilibarat Sistem Pencatatan Keuangan Usaha Digital

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

Keuangan menjadi salah satu hal yang vital dalam usaha bisnis, sehingga sangat penting untuk memanajemen keuangan dengan baik untuk pengambilan keputusan usaha mereka. Kemampuan pencatatan transaksi menjadi pengetahuan awal yang perlu dikuasai oleh pelaku UMKM mengingat UMKM merupakan salah satu bentuk usaha dengan skala kecil.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura Tahun ini turut hadir dalam melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang mengusung tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi Pasca Pandemi”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari 6 Mei – 02 Juli 2022.

Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 110 merupakan salah satu tim pegabdian masayarakat yang melakukan pengabdian di Kecamatan Kamal tepatnya di Desa Gili Barat dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapang Agung Setyawan S.Pd., M.Pd.

Terdapat beberapa program kerja dalam pengabdian masyarakat UTM yang dilakukan oleh Kelompok 110, salah satu program unggulan yang dilakukan yaitu pemulihan ekonomi pelaku UMKM melalui kegiatan sosialisasi pelatihan pencatatan transaksi dan pembuatan cash flow (Arus Kas). Kegiatan ini dilaksanakan pada 5 Juni 2022 di Dusun Gili dengan dihadiri seluruh masyarakat dusun Gili utamanya para pelaku UMKM dan dipelopori oleh Solihah Mahasiswa S1 Akuntansi UTM bersama rekannya.

Dengan hal ini secara tidak langsung mereka juga memperbaiki ekonomi masyarakat Desa Gili Barat pasca pandemi saat ini. Solihah menjelaskan “untuk mengetahui kelayakan suatu usaha, perlu dipahami arus/aliran kas setiap transaksinya dan kebanyakan para pelaku usaha kecil belum memahami nya, ini menjadi faktor utama saya mengambil topik tersebut dalam kegiatan sosialisasi kali ini”. Paparnya

Di tempat yang sama, Siti Khatijah, salah satu pelaku UMKM (penjual Buket) menjadi salah satu peserta di kegiatan sosialisasi mengatakan sangat terbantu dengan pelatihan pencatatan transaksi dan Cash Flow yang disampaikan oleh mahasiswa pengabdian masyarakat UTM kelompok 110.

“beruntung bisa hadir di sosialisasi ini, sangat bermanfaat saya mulai memahami bagaimana prosedur penyusuan Cash Flow dan pentingnya pencatatan transaksi tersebut. Semoga bisa memperbaiki keuangan usaha saya dan masyarakat lainnya”. Ungkapnya. (Sol)

Share This Article