Kolaborasi Tim MBKM Riset Mandiri UTM dengan Pemkab Pamekasan Sambut Verifikasi Tim Penilai IGA 2023

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura yang melakukan MBKM Riset Mandiri turut serta dalam penyambutan Tim Penilai Innovate Government Award (IGA) 2023 di Desa Tagangser Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, Kamis (12/10/2023).

Tim Penilai dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang melakukan verifikasi secara langsung di sambut oleh Penjabat Bupati Pamekasan, Masrukin, Plh. Sekda Pamekasan, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala DKPP Pamekasan, Kepala Desa Tagangser Laok, dan Staff UPT Wilayah IV Pamekasan.

Mahasiswa MBKM Risman UTM melakukan Uji Performance sapi yang didata ke dalam barcode aplikasi Sirosida. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu inovasi yang dilakukan dalam Strategi Pengembangan Sapi Madura Secara Simultan (Sang Sultan), dimana untuk saat ini inovasi tersebut masuk kedalam 15 besar Kabupaten terinovatif di Indonesia pada ajang IGA 2023. Dan ditahap selanjutnya Pemkab Pamekasan menargetkan masuk 3 besar kabupaten terinovatif di Indonesia.

“Kami terus melakukan perbaikan dari genetik sapi lokal madura agar nilai jual sapi menjadi tinggi karena sapi madura memiliki ciri khas tersendiri dari sapi lainnya dan upaya ini agar semakin terjaga kelestarian sapi lokal dan budayanya” ucap Indah Kurnia Sulistiorini, S.Pt., MM. , kepala bidang produksi peternakan DKPP Pamekasan kepada Tim Penilai IGA 2023.

Acara ini ditutup dengan kegiatan pembagian mineral sapi kepada peternak yang hadir dalam kegiatan penilaian Innovate Government Award (IGA) 2023. (Red)

Share This Article