Mahasiswa KKN-T 62 UTM Adakan Pelatihan Pupuk Kompos dari Limbah Keris di Desa Aeng Tong-Tong

Redaksi
By Redaksi
1 Min Read

SUMENEP, Suararakyat.id – Mahasiswa KKN-T Universitas Trunojoyo Madura  kelompok 62  mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari limbah kayu pembuatan gagang keris di Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Senin (10/7/2023).

Nastiti, Penanggung jawab program mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan lantaran kondisi Desa Aeng Tong-Tong terletak di pegunungan, sehingga banyak petani yang memiliki lahan perkebunan.

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan sosialisasi kepada para pemuda desa. Sosialisasi dan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan maksimal berkat bantuan serta partisipasi yang menghadiri acara sosialisasi dan pelatihan ini.

Proses pembuatan pupuk kompos cukup mudah, dimulai dari daun kering yang sudah dipotong kecil-kecil, tanah yang sudah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 70:30, limbah kayu pembuatan keris, kemudian disiram dengan air cucian beras dan larutan EM4 lalu didiamkan selama satu minggu.

Nastiti bersama anggota KKN-T 62 lainnya berharap, program kerja ini menjadi langkah awal pengabdian mahasiswa KKN-T UTM untuk membantu masyarakat desa. Khususnya sebagai wujud pengamalan nilai lingkungan. 

“Dengan adanya pembuatan pupuk kompos ini sangat diharapkan dapat membantu pertanian masyarakat desa Aeng tong tong agar dapat bertani dengan lancar,” ujar Nastiti.

Share This Article