Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM Memberikan Praktik Pembuatan Pati Jagung, Pembelajaran Desain Grafis dan Strategi Marketing di SMK Nurul Anwar Desa Tanah Merah Sampang

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Foto bersama dengan jajaran pengurus sekolah beserta siswa SMK Nurul Anwar Tanah Merah Sampang

SAMPANG, Suararakyat.id – Mahasiswa pengabdian masyarakat kelompok 11 Universitas Trunojoyo Madura memberikan praktik pembuatan pati jagung serta pembelajran desain grafis serta straregi markerting di SMK Nurul Anwar Desa Tanah Merah, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang pada hari Selasa (18/07/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran tentang pengolahan sumber daya pertanian menjadi olahan yang bisa bernilai ekonomis.

Kelompok pengabdian masyarakat dengan dosen pembimbing lapangan Indra Jaya Kusuma Wardhana, S. Sos. M. Sosio ini memanfaatkan hasil pertanian yang ada di Desa Tanah Merah berupa jagung yang diolah menjadi pati jagung serta menjadikannya sebuah olahan tepung yang bisa menjadi media pembelajaran entrepreneur.

Praktik pembuatan pati jagung bersama siswa SMK Nurul Anwar Tanah Merah Sampang.

Kegiatan praktik ini diawali dengan memberikan penjelasan mengenai proses pembuatan pati jagung. Setelah itu, dilanjut oleh pembelajaran desain grafis berupa tata cara pembuatan logo dan poster sebuah produk untuk menunjang daya jual sebuah produk yang ingin dijual dan strategi marketing utamanya dalam penjualan di E-commerce.

“Mayoritas masyarakat di Desa Tanah Merah ini bekerja sebagai petani dan rata-rata hasil taninya berupa padi dan jagung. Biasanya para petani hanya mengonsumsi jagung sebagai bahan pangan dan tidak untuk dipasarkan, sehingga jagung yang dihasilkan tidak memiliki nilai ekonomis. Kami berharap hasil tani jagung di Desa Tanah Merah, Torjun, Sampang diolah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis dan untuk meningkatkan kewirausahaan” ujar Mustaqim selaku Kepala Sekolah SMK Nurul Anwar.

Berdasarkan keluhan tersebut, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dari Pengabdian Masyarakat Kelompok 11 memiliki program kerja dengan memanfaatkan hasil pertanian yang ada di Desa Tanah Merah berupa jagung yang diolah menjadi pati jagung serta menghasilkan sebuah olahan pati jagung. Selain cara pembuatan pati jagung, mahasiswa pengabdian masyarakat juga memberi pembelajaran desain grafis yang menjadi salah satu strategi meningkatkan daya tarik konsumen.

Adapun Mahasiswa penanggung jawab yang melakukan kegiatan pembelajaran pembuatan pati jagung, pembelajaran desain grafis & strategi marketing yakni, Misbahul Munir – Mahasiswa Akuntansi UTM, Abdul Qoyyum – Mahasiswa Psikologi UTM, Ilham Maulana – Mahasiswa Ilmu Kelautan UTM.

Share This Article