Mahasiswa UTM dan HMJH UNESA Tanam Mangrove bersama Warga di Pantai Jumiang Pamekasan

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – MBKM KKN T Universitas Trunojoyo Madura ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum (HMJH) Universitas Negeri Surabaya yaitu penanaman mangrove di kawasan pantai jumiang Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan Madura. Sabtu, (11/11/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala desa dan masyarakat sekitar pantai Jumiang dan mendapat respon positif.

“Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi salah satu media yang baik bagi mahasiswa untuk turut berkontribusi dalam upaya perlindungan daerah pesisir dari bencana abrasi yang kerap terjadi di daerah ini,” ujar Dewi ardila, salah satu penanggung jawab program KKN T UTM.

Adapun jenis tanaman mangrove yang ditanam berasal dari jenis Rhizophora mucronate, yang memiliki akar kuat sehingga baik untuk mencegah abrasi pantai.

“Sebanyak kurang lebih 300 pohon telah ditanam di sekitar Pantai Jumiang, yang mengalami kondisi abrasi,” ungkap Ninda, mahasiswa UNESA.

Sementara itu, Slaman selaku perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan jawa Timur mengungkapkan, Selain berfungsi sebagai tanaman pelindung, mangrove diketahui memiliki beberapa manfaat lain di antaranya sebagai bahan alami pewarna batik yang ramah lingkungan. Buah dari tanaman mangrove juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat sirup dan selai serta jenis makanan lainnya.

“Tanaman mangrove juga berfungsi sebagai tempat tinggal biota perairan dan juga menjadi sumber makanan bagi biota perairan,” tuturnya.

Selama kegiatan, mahasiswa tidak hanya aktif melakukan penanaman namun juga mendapat ilmu tentang mangrove dan fungsinya. Materi tentang mangrove disampaikan oleh Slaman dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Selama materi mahasiswa aktif bertanya tentang segala hal yang berhubungan dengan mangrove. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa dalam kegiatan ini. (Red)

Share This Article