Operasi Patuh Semeru 2022 Polres Bangkalan

Redaksi By Redaksi
3 Min Read

BANGKALAN, suararakyat.id – Gelar Operasi Patuh Semeru 2022 kali ini akan berlangsung selama dua minggu ke depan dimulai 13-26 Juni 2022. Satlantas Polres Bangkalan mulai memperkenalkan mobil INCAR untuk menindak pelanggar lalu lintas. Mobil INCAR yang dirilis pertama kali oleh Ditlantas Polda Jatim tersebut memiliki kemampuan, yakni setiap pelanggaran akan terekam kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dengan dilengkapi kamera Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) di mobil yang berpatroli.

Mobil INCAR ini pun mulai diperkenalkan kepada publik di Kabupaten Bangkalan pada saat Operasi Patuh berlangsung pada hari ini Senin (13/06/2022). Selepas apel gelar Operasi Patuh Semeru 2022 di Mapolres, Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino, S.I.K. menjelaskan jika mobil INCAR akan mampu menangkap atau mengcapture pelanggaran lalu lintas dari kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

“Mobil INCAR berkeliling di sejumlah ruas jalan dan otomatis akan merekam setiap pelanggaran yang ditemui. Identitas pelanggar langsung terintegrasi dengan data kependudukan. Sekarang sudah mulai kita sosialisasikan. Harapannnya tentu, dengan adanya mobil INCAR yang dilengkapi oleh kamera ETLE ini mampu mengurangi atau menekan angka pelanggaran lalu lintas di jalan raya khususnya di kabupaten Bangkalan,” ungkap orang nomor satu di Mapolres Bangkalan tersebut.

AKBP Alith juga menjabarkan, jika pelanggaran untuk pengendara roda dua yang bisa dicapture oleh Mobil INCAR, misalnya pengemudi yang tidak mengenakan helm. Kemudian untuk roda empat seperti penumpang tidak memasang sabuk pengaman, melanggar marka, kendaraan overload. Juga berhenti tanpa memasang segitiga pengaman.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Abdul Aziz Sholahuddin, S.H., S.I.K., M.H. menambahkan jika saat ini masih dalam tahapan sosialisasi dan edukasi tentang mobil INCAR. “Saat beroperasi kurang lebih lima menit berjalan, mobil INCAR bisa melakukan penangkapan pelanggaran lalu lintas sebanyak 120 kendaraan di jalan raya,” Ujarnya.

“Jadi nanti konfirmasi pelanggaran akan kami kirimkan ke rumah pelanggar, mengkonfirmasi apakah yang bersangkutan melanggar atau tidak,” jelas AKP Aziz.

Mobil INCAR nanti akan menyasar daerah-daerah ataupun lokasi yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas. “Harapannya, bila sudah banyak dilakukan penilangan nanti kondisi di Bangkalan seluruh warga bisa tertib berlalu lintas,” pungkasnya. (Die)

Editor : Sol

Share This Article