Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mandiri TPP Kabupaten Sampang

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

SAMPANG, Suararakyat.id – Asosiasi Pegiat Indonesia (APDI) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mandiri Tenaga Pendamping Profesional berlangsung di gedung BPU Sampang, Selasa (06/09).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Anggota APDI dan TPP Kabupaten Sampang serta dari pihak Dinas PMD Kabupaten Sampang, dengan pemateri dari APDI (TAPM) Provinsi Jatim. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kadis PMD Kabupaten Sampang R. Kholilurrahman, M.Si.

Menurutnya, adanya pelatihan adalah sebagai motivasi meningkatkan kapasitas, kualitas serta kapabilitas para Pegiat Desa, dalam hal ini adalah Tenaga Pendamping Desa (TPP) di Kabupaten Sampang. Ungkap Kholilurrahman.

“Materi Utama yang disajikan lebih dititik fokuskan pada aspek membangun citra diri seorang Pendamping Desa. Sebab disinilah seorang pendamping dapat merepresentasikan nafas serta wujud dari UU Desa No. 04 Tahun 2016 terhadap Desa, agar dapat mewujudkan asas-asas yang terkandung didalamnya,” Imbuhnya.

Achmat Syaiful Mu’mien. S.Sos salah satu anggota Pendamping Desa Kabupaten Sampang, menuturkan bahwa dengan diadakan pelatihan ini maka akan dapat meningkatkan kualitas pendampingan bagi Desa. Ia merasa sangat tepat dengan adanya pelatihan tersebut, dianggap mampu memotivasi Pendamping di Kabupaten. Sampang.

“Harapan kami kedepannya agar Kementrian Desa dapat mengagendakan kembali pelatihan serupa, mengingat sudah lama vacum sejak tahun 2018 hingga saat ini karena pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan pelatihan kali ini adalah swadaya dari iuran APDI se- Jatim.” Kata Ipung sapaan akrabnya. (Yhoel)

Share This Article