Pengabdian Masyarakat Pengembangan Strategi Pemasaran UMKM Ekonomi Kreatif Produk Kacang Sembunyi

Redaksi By Redaksi
3 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Aspek pemasaran merupakan faktor startegis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai, maka seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud.

Mahasiswa KKN-T Kelompok 110 Universitas Trunojoyo Madura adakan sosialisasi strategi pemasaran pengembangan UMKM ekonomi kreatif. Adapun Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Target sasaran sosialisasi ini yaitu para penduduk Desa Gili Barat, khususnya remaja dan ibu-ibu di desa Gili Barat, Kamal Bangkalan. Sabtu, (4/6).

Untuk menjaga agar produk kacang sembunyi dapat bersaing dalam pemasaran, maka pada proses produksi di design dengan rasa yang nikmat. pengelolaan kacang sembunyi dikembangkan dengan berbagai macam varian rasa seperti rasa pedas, asin dan rasa lainnya.

Strategi pemasaran ini digunakan dalam UMKM Kacang Sembunyi, Dimana Kacang tersebut merupakan hasil pertanian di Desa Gili Barat sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kacang hasil panen sendiri sehingga kemungkinan besar dapat mencapai keuntungan yang maksimal. Strategi pemasaran Kacang Sembunyi untuk memperbaiki sistem keuangan yang diterapkan oleh pelaku UMKM di Desa Gili Barat, Kamal Bangkalan.

Strategi pemasaran dari bisnis ini dipromosikan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Banyaknya masyarakat yang telah memiliki akun media sosial menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikan produk Kacang Sembunyi ini baik lewat media sosial, seperti facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok Shop, dan E-mail.

Berikut Strategi Pemasaran 4P meliputi :

  • Product ( produk )
  • Price ( Harga )
  • Place ( Tempat ) dan,
  • Promotion ( Promosi )

Warga Desa Gili Barat cukup antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang telah dipersiapkan semua kegiatan berjalan lancar hingga selesai.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan kegiatan sosialisasi strategi pemasaran ini sebagai solusi dalam berbisnis, dimana strategi pemasaran ini akan membantu dalam meningkatkan motivasi pengembangan usaha, membantu koordinasi tim lebih efektif, memudahkan tujuan serta target usaha dan meningkatkan kualitas kegiatan pemasaran serta dapat menjadikan UMKM Kacang Sembunyi ini sebagai ide usaha sampingan sebagai penghasilan tambahan.

Siti Nurhalizah salah satu anggota KKN-T 110 menjelaskan bahwa strategi pemasaran adalah suatu kegiatan usaha atau rencana suatu pengusaha dalam memasarkan dan memperkenalkan sebuah produk yang dilakukan secara lebih luas, ke masyarakat dengan cara tertentu agar dapat mencapai target pelanggan dan penjualan sehingga penjualan akan meningkat

“Dalam pemasaran online maupun secara langsung tampilan dari produknya juga harus menarik,” Pungkasnya. (SO7).




Share This Article