Pengabdian Masyarakat UTM, Mahasiswa KKN-T 25 Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Ecoprinting

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Mahasiswa KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) dari Universitas Trunojoyo Madura kelompok 25 yang dibimbing oleh dosen Mochammad Reza Adiyanto S.P., M.M. meluncurkan program sosialisasi dan pelatihan inovatif Ecoprinting di Balai Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Minggu (16/7/2023).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan membuka peluang usaha masyarakat Desa Padelegan. Disamping itu, sosialisasi ini selaras dengan program rumah kreatif yang akan dibangun desa padelegan.

“Tujuan sosialisasi ini untuk membantu pihak desa dalam mempromosikan program desa, selain itu untuk membangun motivasi masyarakat Desa Padelegan dalam berkreatifitas dan menciptakan peluang usaha,” ujar Solihin, Kordinator Desa KKN-T 25.

Salah satu contoh inovasi kreatif yang memiliki peluang usaha yang cukup bagus adalah Handicraft Ecoprinting yang diperkenalkan oleh Mahasiswa KKN-T kelompok 25 UTM. Hasilnya, dapat diolah menjadi baju, tas, dan outer yang bernilai sangat tinggi.

Dalam sosialisasi tersebut, Mahasiswa KKN-T kelompok 25 UTM memaparkan materi terkait definisi, bahan, alat dan mempraktekkan secara langsung cara membuat ecoprinting dengan media kain. 

Adanya pelatihan tersebut mendapat respon positif dari berbagai pihak. Hal ini terlihat dari antusias peserta yang tertarik untuk bertanya lebih jelas mengenai teknik ecoprinting.

Kasi kesejahteraan rakyat, Retno Habbibur Rahman menyampaikan bahwa pihak desa sangat terbantu dengan adanya sosialisasi eco printing ini.

“Pihak Pemerintah Desa Padelegan sangat mendukung dan berterimakasih atas sosialisasi  ecoprinting yang dilakukan oleh adik-adik KKN karena sudah memberikan ilmu yang memiliki peluang usaha besar untuk masyarakat Padelegan,” tuturnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa secara tidak langsung sosialisasi tersebut juga berhasil mempromosikan program rumah kreatif milik desa. Ia berharap ilmu yang disampaikan mahasiswa KKN  terus digunakan dan dapat diaplikasikan di rumah kreatif desa secara berkelanjutan.

Share This Article