Pengabdian Masyarakat UTM : Sosialisasi Kesadaran Sosial Bagi Anak-anak di Desa Morombuh 

Redaksi By Redaksi
2 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Morombuh Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 22 Desember hingga 16 Januari 2024. Kelompok pengabdian masyarakat ini dibimbing langsung oleh Dosen pembimbing lapang, Ahmad Sudi Pratikno, M.Pd.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan ikut membangun lingkungan masyarakat desa. Dengan melihat kehidupan masyarakat, mahasiswa akan bersikap lebih peka terhadap lingkungan sekitar dengan meningkatkan simpati dan empati terhadap orang lain. Lebih baik lagi jika mahasiswa dapat menyadari adanya isu sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura juga diberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak di desa morombuh dengan menggunakan metode film lima elang. Mereka melakukan Sosialisasi Membangun Kesadaran Sosial Bagi Anak-anak di Desa Marombuh Dengan Menggunakan Metode Film Lima Elang. 

Yurike salah satu mahasiswa yang mengikuti pengabdian masyarakat mengaku bangga dapat diberikan kesempatan untuk melakukan Pengabdian Masyarakat khususnya di desa morombuh.

“Selama melakukan Pengabdian Masyarakat saya mendapatkan banyak pengalaman yang berharga seperti hal nya dalam memberikan edukasi kepada anak-anak di desa morombuh dengan menggunakan metode menonton film,” ujar Yurike.

Yurike juga mengatakan dengan menggunakan metode menonton film dapat memberikan suatu ketertarikan khusus bagi anak sehingga mereka tidak bosan. Dengan memberikan tontonan yang sesuai dengan umur mereka contohnya seperti film lima elang. 

“Film lima elang memberikan edukasi serta pesan moral tentang kesadaran sosial, dengan menonton film tersebut anak-anak bukan hanya menonton saja tetapi mengambil pesan moral yang ada di film tersebut metode tersebut merupakan metode pertama kali digunakan dalam memberikan edukasi kepada anak-anak di desa morombuh kecamatan Kwayar Kabupaten Bangkalan ” pungkasnya.

Adapun kelompok yang melakukan pengabdian masyarakat tersebut terdiri dari Fatlullahu Mubarok, Dedy Immanuel Turnip, Yurike Cristanti Warokka, Intan Nurul Arifin, Moh.Rauhul Faradis, Qomariatul Badria, Anggoro Jatayu, Intan Dwi Puspitasari, Layyinatul Maghfiroh, R.A Annisa Putri Sulaiha, Rafif Rizqullah, Siti Nur’aini, Ghany Albar R.K, Muhammad Irsyad, dan Irsyadur Rosyid. (red)

Share This Article