Sosialisasi Manajemen Usaha oleh KKNT 26 UTM untuk Membangun UMKM Desa

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Acara sosialisasi Manajemen Usaha oleh KKN T-26 bersama pelaku UMKM Desa Plumbungan, Sidoarjo.

SIDOARJO, Suararakyat.id – KKNT 26 UTM mengadakan sosialisasi mengenai manajemen usaha, kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Plumbungan, Kec.Sukodono, Kab.Sidoarjo. Sabtu (18/6).

Program kegiatan sosialisasi ini digerakkan oleh rekan KKNT 26 Universitas Trunojoyo Madura, bertujuan  untuk mengembangkan para pelaku UMKM di Desa Plumbungan. Sosialisasi membahas tentang Legalitas, Keuangan, dan Branding yang diisi oleh pemateri Dewi rahayu, M.Ak, Mochamad reza adiyanto, S.P., M.M. dengan pembahasan mengenai Manajemen Produksi, Pemasaran, Manajemen SDM, dan Pemasaran.

Berdasarkan sumber informasi terdapat 62 pelaku yang telah membuka usaha, rata-rata banyak yang membuka usaha toko kelontong, cateting dan warung kopi. Akan tetapi rata-rata pelaku UMKM yang ada di Desa Plumbungan resah karena takut untuk mengembangkan usahanya dikarenakan masalah modal, dan kurangnya wawasan tentang cara mengembangkan UMKM mereka.

Salah satu pelaku UMKM  bertanya “Apakah saat ini penjualan melalui digital/e-commerce itu perlu?”. ucap Dwi selaku peserta. Dengan tegas Bapak Reza selaku pemateri 2 menjawab “Ketika ibu-ibu tidak terjun ke dunia penjualan digital seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Gofood, dll pada zaman sekarang, wassalam.” Tuturnya.

Lebih lanjut Lanjut, Masruroh menanyakan “Jika usaha kita sudah mulai berkembang pesat, apakah diwajibkan untuk membuat legalitas usaha kita?”, ujarnya.

Dewi rahayu, M.Ak yang juga merupakan Dosen UTM tersebut menjelaskan jika mengenai legalitas usaha itu sangatlah penting, karena dengan adanya hal tersebut, maka akan memudahkan pelaku UMKM dalam berwirausaha dan usaha kita dapat diakui secara hukum.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, pelaku usaha UMKM dapat memahami dengan baik dan benar bagaimana cara untuk mengembangkan usahanya dan tentunya akan lebih termotivasi dalam berwirausaha serta dapat beradaptasi di era penjualan E-comerse. (N.S Charisma).

Share This Article