Tabligh Akbar Ustadz Hanan Attaki di Masjid Muttaqin, Pamekasan; Pelajaran Hidup Bagi Umat Islam

Redaksi
By Redaksi
3 Min Read
Tabligh Akbar terbaru Ustadz Hanan Attaki (UHA) di Masjid Muttaqin, Pamekasan, Madura, Minggu 12 Februari 2023.

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Tabligh Akbar terbaru Ustadz Hanan Attaki di Masjid Muttaqin, Pamekasan, Madura, Minggu 12 Februari 2023. Pendakwah kondang asal Banda Aceh, itu menyampaikan dakwah Islam yang bisa dijadikan pelajaran hidup bagi umat muslim.

UHA menyampaikan bahwa, orang yang beriman kepada Allah itu analoginya seperti pohon. Dalam pohon itu mengandung 3 unsur, yang pertama akar yang kuat ke dalam bumi, yang kedua batang dan dahan yang menjulang tinggi seolah-olah sampai ke langit, dan yang ketiga daun, bunga dan juga buah yang selalu muncul di setiap musim.

Ustadz idola bagi kalangan remaja itu mengajak ratusan jamaah yang hadir untuk bermuhasabah bahwa, untuk menjadi mukmin yang baik seperti pohon yang baik, maka para jamaah perlu memeriksa 3 hal yakni, akar, batang dan buah.

“Akar yang dimaksudkan yakni iman kepada Allah,” kata ustadz yang memiliki suara khas dan unik tersebut.

Ustadz kelahiran Aceh itu menjelaskan bahwa setiap tanaman yang ditanam dalam tanah maka dia pertama-tama akan tumbuh ke bawah terlebih dahulu, sebab itulah pertumbuhan yang benar dan sempurna.

“Artinya, untuk menjadi mukmin yang ideal, mukmin yang baik, jadi kita perlu memeriksa tumbuhnya akar di dalam hati, bukan bil-lisan, bukan di peci, bukan di baju gamis, dan lain-lain, tetapi memeriksa akar yang ada di dalam hati,”jelasnya.

Lanjut ustadz Hanan, “kalau kita hanya berpakaian muslim, walaupun itu baik tetapi awal untuk menjadi mukmin adalah tumbuhnya iman di dalam hati, karena Iman itu letaknya di hati bukan di lisan,” katanya di depan ratusan jamaah yang hadir.

Surat Al-Baqarah ayat 8 ;وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَقُولُ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَبِٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ Artinya: Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian,” pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

Dalam ceramahnya, Ustadz Hannan Attaki menyimpulkan bahwa pelajaran yang dapat diambil dari sebuah pohon bahwa awal dari kehidupan yang baik itu bukan dari batang, bukan dari dahan, bukan dari bunga dan bukan pula dari daun tetapi dari akarnya.

Adapun acara yang dikemas dengan sharing sassion itu digelar di Masjid Muttaqin Desa Laden, Kabupaten Pamekasan dengan tema “Jadi Pemuda Anti Baper, Anti Mager” dan diikuti oleh ratusan Pemuda Pamekasan dan jemaah Masjid berjalan dengan lancar. (Idr)

Share This Article