Tim KKN-T 41 UTM, Launching Rumah Belajar Seni di Desa Bungbaruh 

Redaksi
By Redaksi
3 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Tim KKN-T 41 UTM melakukan pengabdian masyarakat dengan dosen pembimbing  lapangan Fathor AS, S.E, M. Mereka menciptakan kegiatan belajar seni kerajinan bersama anak-anak desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan. Minggu (9/7/2023),

Adanya kegiatan ini dilatarbelakangi karena di Desa Bungbaruh belum ada wadah yang dapat memfasilitasi anak-anak desa untuk mengembangkan bakat keseniannya. Selaras dengan yang diungkapkan oleh Khumaidi, Ketua Gerakan Pemuda Tobajah (GPT)  ia menyatakan keinginannya untuk memajukan anak-anak desa dengan mewadahi bakat-bakat mereka.

“Saya ingin teman-teman KKN ini membantu kami dalam menciptakan komunitas sebagai wadah untuk anak-anak desa dalam mengembangkan bakat mereka” Ujar Khumaidi.

Sementara itu, Muafa, penanggung jawab program menuturkan jika rumah belajar seni tak hanya mengajarkan teknik-teknik seni, tetapi juga menginspirasi para anak desa lebih untuk mengeksplorasi tema-tema yang mendalam dan mengungkapkan perasaan mereka melalui karya seni. 

“Mereka diberi kesempatan untuk mengamati alam sekitar dan menangkap momen-momen keindahan yang sering terabaikan. Dengan ini, para anak desa belajar bagaimana menggabungkan kepekaan mereka terhadap dunia dan pengalaman pribadi ke dalam karya seni mereka.” kata Muafa.

Berawal dari diskusi bersama Ketua GPT itu lah, tim KKN-T 41 UTM memutuskan mengadakan pelatihan kepada anak-anak desa sebagai awal pengenalan dan observasi tentang kelayakan kegiatan ini sehingga dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pemuda di desa Bungbaruh.

Rumah belajar seni (RBS) ini merupakan wadah bagi anak-anak desa untuk mengembangkan bakatnya diluar dari kegiatan Akademik. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak-anak di Rumah Belajar Seni ini antara lain : Kerajinan Origami, Kerajinan Daur Ulang Plastik, Kerajinan Batik Ikat dan Kesenian Kaligrafi dll. 

Adanya Rumah Belajar Seni ini diharapkan desa dapat mencerdaskan anak-anak desa sebagai sumber potensi manusia yang berkualitas di masa depan dan sebagai wadah aspirasi bakat anak desa yang berkelanjutan dengan diresmikannya sebagai sebuah komunitas. 

Kegiatan rumah belajar seni dilaksanakan tiga kali pertemuan, pertama tanggal 9, kedua 12, dan ketiga 14 Juli 2023. Dimana kegiatannya dilaksanakan di salah Dusun di Desa BungBaruh yaitu Dusun Tobajah I.

Rumah Belajar Seni ini diikuti oleh anak-anak dengan kisaran usia 7-14 tahun yang berasal dari Dusun Tobajah dan sekitarnya, dibentuknya RBS ini menambah semangat dan keterampilan anak-anak desa dan sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang anak-anak dengan kegiatan yang positif di hari libur terutama saat liburan semester. 

Adapun, peresmian RBS ditandai dengan penyerahan Rumah Belajar Seni ini kepada Pihak Kadus Tobajah I yang nantinya Rumah Belajar Seni ini akan dilanjutkan oleh para pemuda di dusun Tobajah untuk dikelola. Penyerahan Rumah Belajar seni dilakukan pada 14 Juli 203 bertepatan dengan hari terakhir Tim KKN 41 UTM memberikan materi dan selanjutnya akan di dikembangkan oleh pemuda desa.

Share This Article