Tingkatkan Branding UMKM, Mahasiswa Abdimas UTM Bantu Desain Foto Produk dan Promosi melalui Media Sosial

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Mahasiswa UTM bersama pelaku UMKM, Desa Tlanakan, Pamekasan.

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Beberapa pemilik UMKM di Desa Tlanakan dibantu oleh Mahasiswa abdi masyarakat UTM dalam melakukan foto produk usaha yang mereka miliki. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik konsumen melalui media online pada akun marketplace yang sudah dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Kamis, (09/11/2023).

Ditengah perkembangan pesat teknologi digital, Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Semakin menggantungkan diri pada pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas produk mereka. Abdimas UTM telah berperan aktif dalam membantu mendukung marketing UMKM dengan membuatkan desain produk dan foto produk.

Kegiatan tersebut direspon positif oleh masyarakat. Para pemilik UMKM yang telah mengambil manfaat dari program ini merasa sangat terbantu. Salah satunya, Pak Miskram, Pemilik UMKM “Keripik Petampe ny. Mas by Pak Miskram”.


“Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang sudah adik-adik lakukan mulai dari saya yang tidak tau apa-apa sampai sekarang bisa lebih mengenal dunia online, dan juga desain dan foto produk adik-adik hasilkan membantu saya memasarkan produk kami lebih efektif,” ujar Pak Miskram.

Sementara itu, pembuatan desain dan foto produk ini dilakukan karena dilihat dari kemasan yang digunakan oleh beberapa pemilik UMKM yang hanya menggunakan plastik biasa dan dengan label produk yang seadanya.

Selain itu, banyak pelaku UMKM yang tidak paham mengenai foto produk yang menarik untuk di posting di media social. Karena itu mahasiswa abdimas utm memberi solusi dengan menawarkan pembuatan desain produk dan foto produk agar produk yang akan ditawarkan di marketplace lebih menarik minat konsumen.

“Alhamdulillah, program ini telah berjalan lancar, program kami diterima baik oleh para pemilik UMKM yang sudah dibantu,” ungkap Dewi, salah satu mahasiswa UTM.

Program ini telah membuahkan hasil positif dan telah mendorong UMKM setempat untuk lebih aktif dalam pemasaran digital. Sembari mahasiswa mendapatkan wawasan dan pengalaman praktis, UMKM lokal juga meraih manfaat besar dalam meningkatkan penjualan dan visibilitas produk mereka dalam lingkup digital.

Dengan dukungan terus menerus, kerjasama antara mahasiswa dan UMKM diharapkan akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal. (Red)

Share This Article