Tingkatkan Produksi Padi, Tim PKM-PM UTM Kenalkan Agrivoltaics Ultra Sonic Sebagai Alat Pengendali Hama Padi di Ponpes Sumber Bungur Pamekasan

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Penandatanganan komitmen mitra Pondok Pesantren Sumber Bungur Pakong Pamekasan dengan Tim PKM-PM UTM. Sumber foto: Erina

BANGKALAN, Suararakyat.id – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Trunojoyo Madura yang mengenalkan alat pengendali hama padi yang berbasis tenaga surya di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan, Jumat (23/6/2023).

Tim PKM yang berasal dari Program Studi Agroekoteknologi ini, diketuai oleh Erina Qurotul ‘Aini. Dirinya bersama anggota melihat potensi padi di Ponpes Sumber Bungur yang cukup tinggi, akan tetapi harus dihadapkan dengan OPT atau organisme pengganggu tanaman salah satunya adalah hama. 

“Dengan memanfaatkan teknologi sinar matahari, diharapkan alat ini mampu menjadi solusi serangan hama padi yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Erina juga mengatakan bahwa, dengan mengenalkan alat yang diberi nama Agrivoltaics Ultra Sonic kepada santri Pondok Pesantren Sumber Bungur dapat mengasah atau memberi keahlian soft skill santri dalam bidang pertanian. 

“Ini merupakan salah satu implementasi mahasiswa sebagai agent of change dan kontrol sosial,” ujar Erina.

Adapun kegiatan pengabdian akan dimulai dengan sosialisasi pertama yaitu tentang pentingnya mengenal dan mengendalikan hama padi. Selanjutnya, sosialisasi kedua yang dengan memperkenalkan alat Agrivoltaics Ultra Sonic sekaligus demo pembuatan alat tersebut. 

Sementara kegiatan akan dimulai pada bulan Juni-November 2023 dengan ditutup laporan akhir. 

“Dengan memperkenalkan alat pengendali hama berbasis tenaga surya, saya berharap ini dapat menjadi solusi untuk menghadapi serangan hama padi yang terdapat di PP Sumber Bungur Pamekasan,” lanjut Erina.

Pihaknya juga berharap, program tersebut dapat berkelanjutan yang bisa dilaksanakan oleh pengurus Pondok Pesantren Sumber Bungur sebagai bekal ataupun inovasi baru yang dapat diterapkan dan berkembang di kalangan siswa pada khususnya dan petani secara luas pada umumnya.

Sebagai tambahan informasi, Pemberian sosialisasi di bidang ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Agrivoltaics Ultrasonic Pemberantas Hama Padi untuk Meningkatkan Mandiri Pangan dan Green Energy Guna Mendukung Smart Santri Farm PP. Sumber Bungur”. Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa. (Red)

Share This Article