Trunojoyo Festival Nusantara, Program Kolaborasi BEM KM UTM dan Panitia PKKMB Sukses Tarik Perhatian Warga

Redaksi
By Redaksi
3 Min Read
Ahmad Roby Gunawan selaku Presiden Mahasiswa UTM dan Ahla Nurus Saada Ketua Pelaksana Kegiatan PKKMB Sakera saat mengikuti pagelaran Trunojoyo Festival Nusantara

BANGKALAN, Suararakyat.id – BEM KM UTM berkolaborasi dengan Panitia PKKMB Sakera UTM 2023 sukses mengadakan kegiatan Trunojoyo Festival Nusantara. Kegiatan tersebut adalah kegiatan Pengenalan dan promosi Budaya dan termasuk rangkaian Kegiatan Penutup PKKMB Sakera UTM 2023. 

Trunojoyo Festival Nusantara dilaksanakan di Gedung Pertemuan R.P. Mohammad Noer UTM dan jalan raya sekitar UTM. Kegiatan ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan membuat masyarakat sekitar antusias dengan beberapa budaya yang tampil dengan konsep pawai karnaval budaya. 

Kegiatan ini sukses dilaksanakan dengan menampilkan berbagai budaya dan tradisi dari beberapa daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari Daul Dug-dug Sampang, Tari Klono Sewandono Tari Warok Tari Jathil asal Ponorogo, Tari Gambyong Blora, Tari Lencir Kuning Tuban, Fashion show cak dan ning Suroboyo, Abang none dan si pitung dari Jabodetabek, Turonggo Yakso asal Trenggalek, Tarian 7 Etnis Sumatra Utara, Tari Kembang Reog Gung Tulungagung, Tari Banjar, Kemuning Sidoarjo, Tari Nyawiji Nganjuk, Tari Mayang Rontek Mojokerto, Tari Remo Jombang, Tari Sang Gegayuh gresik, Tari Boran Lamongan, Tari Topeng Sumenep, Tari Muang Sangkal Bangkalan, Tari Gumuyuh Pasuruan, Pencak Silat Madiun, Tari Kayangan Api Bojonegoro, Tari Pati Bumi Mina Tani, Bandeng Presto dsb. 

Ketua Pelaksana Kegiatan PKKMB Sakera, Ahla Nurus Saada menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari penutupan PKKMB Sakera UTM 2023. 

“Dalam rangkaian penutupan PKKMB Sakera UTM 2023 ini kita konsepkan berbeda dari sebelumnya, kita tampilkan beberapa penampilan budaya dari beberapa daerah Indonesia, karena mahasiswa UTM berasal dari berbagai daerah di Indonesia”. Ujarnya Sabtu, (2/9/2023). 

Senada dengan itu, Ahmad Roby Gunawan selaku Presiden Mahasiswa UTM menyampaikan bahwa Trunojoyo Festival Nusantara termasuk dalam Program Kerja Unggulan BEM KM UTM 2023. 

“Trunojoyo Festival Nusantara merupakan salah satu dari program unggulan kami dan sengaja kami satukan dengan rangkaian penutupan PKKMB Sakera UTM, agar Mahasiswa UTM yang notabene nya berasal dari berbagai daerah di Indonesia bisa bangga dengan daerahnya dan bangga berkuliah di UTM, Indonesia sangat kaya akan budaya dan tradisi, maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus terus melestarikan dan mempromosikan budaya dari daerah kita masing-masing,” Tuturnya.

Sementara itu, Imamuddin Syafrie selaku Penanggung Jawab dari kegiatan Trunojoyo Festival Nusantara menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan Organisasi Daerah dan sudah disiapkan dari 3 bulan sebelumnya. 

“Kita melibatkan Organisasi Daerah dalam kegiatan ini, karena organisasi daerah mempunyai peran penting bagi UTM sebagai pengenalan UTM kepada pelajar di daerah masing-masing. Atas arahan Presiden Mahasiswa bahwa BEM KM UTM saat ini harus mengayomi semua organisasi dan stakeholder mahasiswa UTM”. ungkapnya.

Adapun dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa semakin bangga dengan budaya dan tradisi yang dimiliki dari tiap daerahnya dan terus mempromosikan dan saling mengenalkan budaya daerah masing-masing. (Sol)

Share This Article