Wujudkan Desa Bersinar, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

SUMENEP, Suararakyat.id – Kelompok 46 pengabdian masyarakat Universitas Trunojoyo Madura mengadakan sosialisasi yang mengangkat tema “Pencegahan dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda”. Kegiatan  sosialisasi  tersebut bertempat di Balai Desa Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Senin (17/7/2023). 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UTM menjalin kerjasama dengan pihak BNN (Badan Narkotika Nasional) dan anggota IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat). Kegiatan sosialisasi tersebut mengundang Suyanto selaku perwakilan dari BNN kabupaten Sumenep sebagai pemateri. 

Romana Mar Afghanitri, selaku koordinator desa mengungkapkan tujuan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat atas bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Perkembangan masalah mengenai penyalahgunaan narkoba baik berupa pengguna maupun pengedar saat ini semakin merambah luas. Penyalahgunaan narkoba tidak terpusat atau ada hanya di wilayah perkotaan, namun juga di pedesaan, oleh karena itu kami melakukan sosialisasi bahaya narkoba di Desa Slopeng,” terang Romana.

Dirinya juga mengatakan jika jumlah pengguna dan pengedar yang terus meningkat setiap tahunnya, baik di kota maupun di pedesaan, menjadi alasan bahwa seluruh elemen masyarakat harus bekerjasama dalam memerangi penyalahgunaan narkoba.

M. Masqotul Imam Romadloni selaku dosen pembimbing lapangan kelompok 46 sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan tersebut.

 “Sangat baik dan berguna bagi masyarakat sekitar.” Ungkapnya.

Sementara itu, ketika ditemui setelah acara sosialisasi, Suyanto, selaku narasumber mengatakan bahwa upaya kerjasama dalam bentuk sosialisasi pencegahan bahaya narkoba sangat penting untuk pencegahan maupun penyelesaian penyalahgunaan narkoba guna mewujudkan desa bersinar (Bersih dari Narkoba).

Share This Article