MADURA, suararakyat.id – PT PLN (Persero) berhasil mendeteksi gangguan kelistrikan Madura melalui High Votage (HV) Test oleh regu petugas PLN pada pukul 02.29 WIB dini hari tadi. Hasil tersebut menunjukkan terdapat indikasi gangguan pada salah satu kabel fasa. Gangguan ini yang menyebabkan pasokan listrik untuk pulau Madura berkurang sejak kemarin (3/2).
Manajer PLN UP3 Pamekasan, Feri Asmoro, menyampaikan bahwa sejak kemarin (03/02) mulai pukul 16.30 WIB hingga pagi ini telah dilakukan pengaturan pasokan listrik secara bertahap dengan pengaturan daya listrik yang padam padam antara 20 – 100 MW dan bergiliran per 3 (tiga) jam. Pelanggan yang terdampak oleh gangguan teknis ini sebanyak 342.595 atau 32% dari total 1.059.523 pelanggan di Pulau Madura
Dalam mengupayakan pelayanan listrik sementara, PLN Unit Pelayanan Madura mendatangkan genset mobile dari lintas unit PLN dengan total 99 unit dengan kapasitas 10,6 MVA.
“Seluruh unit PLN berkolaborasi, mulai dari unit di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Bali mengirimkan genset agar masyarakat Madura tetap dapat menikmati listrik di tengah pemulihan gangguan. Unit-unit tersebut, ditambah subholding PLN Nusantara Power juga bahu membahu mengirimkan lampu emergency untuk masyarakat Madura,” tutur Feri.
PLN memprioritaskan penyediaan listrik di fasilitas publik dan pelayanan umum seperti Rumah Sakit, Kantor Polisi, Kodim, Rumah Ibadah dan sarana umum lainnya.
“Upaya kami lakukan agar penyebab gangguan dapat segera ditemukan dan diperbaiki secepatnya. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan mohon doa serta dukungan agar pasokan listrik dapat segera pulih kembali,” Terang Feri.
Untuk jadwal pengaturan padam, Feri menyampaikan telah berkoordinasi dan menginformasikan secara update kepada masyarakat dan stakeholders agar dapat dipahami bersama.
”Kami aktif mengupdate dan melaporkan rencana manajemen beban untuk pengaturan layanan listrik di Pulau Madura kami sampaikan melalui media sosial PLN, What’s App (WA) maupun melalui media radio”, pungkas Feri.
Apabila masyarakat melihat adanya potensi gangguan listrik, dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui Fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile. (Yhoel)