Inovasi Digital : Tim Pengabdian Masyarakat UTM Tingkatkan Pemasaran dan Produksi di Souvenir Murah Bojonegoro

3 Min Read
Inovasi Digital : Tim Pengabdian Masyarakat UTM Tingkatkan Pemasaran dan Produksi di Souvenir Murah Bojonegoro

BOJONEGORO, Suararakyat.id – Souvenir Murah Bojonegoro, sebuah UMKM yang dikenal dengan produk-produk kreatif seperti tumbler, gelas, mangkok, kaos sablon, kipas batik dan produk-produk souvernir terkini, mendapatkan dorongan signifikan dalam mengembangkan usahanya melalui program pengabdian masyarakat kompetitif Nasional-DRTPM yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Jumat,(18/10/24).

Melalui serangkaian program kerja (proker), tim pengabdian masyarakat UTM berupaya mengoptimalkan pemasaran digital dan meningkatkan efisiensi produksi dengan teknologi baru.

Proker utama yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat UTM meliputi optimasi penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran. Platform seperti TikTok, dan YouTube diperkenalkan untuk membantu mitra UMKM menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan pelatihan intensif, mahasiswa mendampingi pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial dengan lebih efektif, baik dalam hal promosi maupun interaksi dengan pelanggan. Selain itu, pelatihan pembuatan konten video kreatif juga diberikan, sehingga pelaku usaha dapat membuat konten pemasaran yang lebih menarik.

Selain optimasi media sosial, tim pengabdian masyarakat UTM juga memberikan pelatihan penggunaan teknologi sablon digital. Penggunaan sablon digital diharapkan dapat mempercepat proses produksi dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas, dibandingkan dengan metode sablon tradisional. Langkah ini tak hanya memperbaiki proses produksi, tetapi juga meningkatkan daya saing Souvenir Murah Bojonegoro di pasar yang semakin kompetitif.

Inovasi Digital : Tim Pengabdian Masyarakat UTM Tingkatkan Pemasaran dan Produksi di Souvenir Murah Bojonegoro
Inovasi Digital : Tim Pengabdian Masyarakat UTM Tingkatkan Pemasaran dan Produksi di Souvenir Murah Bojonegoro

Thorida Nur Asih, selaku pemilik UMKM Souvenir Murah Bojonegoro, sangat mengapresiasi dukungan dari tim pengabdian masyarakat DRTPM-UTM.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini, terutama dalam mengelola media sosial dan sablon digital. Dengan bimbingan dan pendampingan dari tim pengabdian masyarakat UTM, kami sekarang lebih percaya diri dalam memasarkan produk secara online dan meningkatkan kualitas produksi kami,” ujar Thorida.

Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memberdayakan UMKM di Bojonegoro agar lebih siap menghadapi tantangan digitalisasi. Dengan hasil yang positif ini, diharapkan Souvenir Murah Bojonegoro dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi UMKM lain di wilayah tersebut.


Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memberdayakan UMKM di Bojonegoro agar lebih siap menghadapi tantangan digitalisasi. Dengan hasil yang positif ini, diharapkan Souvenir Murah Bojonegoro dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi UMKM lain di wilayah tersebut. (red)

Share This Article