DPMD Sebut Kerjasama Perusahaan Media Massa dengan Pemerintah Desa di Sampang Akan Berjalan Tahun Ini

Redaksi By Redaksi
2 Min Read
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang. Foto/Istimewa

SAMPANG, Suararakyat.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Chalilurrahman melalui Kepala Bidang Bina Pemdes A. Irham Nurdiyanto menyampaikan bahwa kerjasama antara perusahaan media massa dengan pemerintah desa dipastikan berjalan tahun ini. Ia meminta Kepada Desa untuk segera menganggarkan kerjasama dengan perusahaan media massa.

“Secara teknis kami telah melakukan kajian bersama asosiasi wartawan soal bekerja sama dengan Desa, alhasil semua telah disepakati secara forum rapat saat itu,” terangnya.

Kerjasama tersebut sebenarnya sudah dianggarkan sejak 2022 lalu melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Namun, baru direalisasikan tahun ini, lantaran persiapan belum matang. Tetapi, di tengah proses tidak semua Desa menganggarkannya, sehingga langkah akhir penganggaran tuntas di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“Program ini dianggarkan sejak tahun kemarin, desa yang belum menganggarkan kami desak agar segera melaporkan, dan di PAK akhirnya tuntas,” ucapnya, Selasa (4/4/2023).

Sementara itu, Irham menambahkan meski telah dialokasikan, anggaran tersebut belum sepenuhnya terserap, karena pemetaan yang belum tuntas. Sehingga harus jadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA), kemudian dianggarkan kembali tahun ini.

Adapun tujuan adanya program tersebut adalah memperluas pengawasan kinerja pemerintah desa. Artinya, melibatkan jurnalis membangun Kabupaten Sampang di tingkat desa.

“Program ini untuk memenuhi sosial kontrol media massa di tingkat Desa, mulai dari kemajuan pembangunan hingga koreksi jika misal Pemdes melakukan kesalahan,” pungkasnya (Red)

Share This Article