Menkominfo Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Proyek BTS Rp 8 T

Redaksi By Redaksi
2 Min Read
Johnny G Plate

NASIONAL, Suararakyat.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Rabu (17/5/2023). 

Johnny G Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.  Kasus ini mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 8 Triliun.

“Berdasarkan adanya bukti, sudah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana dalam jumpa pers di Kejagung.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi menjelaskan, penetapan tersangka terhadap Plate terkait wewenang dia sebagai pengguna anggaran dan posisinya sebagai menteri.

“Selanjutnya terhadap yang bersangkutan kita lakukan tindakan penahanan untuk 20 hari ke depan di rutan Salemba cabang Kejagung,” ungkapnya.

Selain itu, Dalam kasus ini Kejagung juga telah menetapkan lima tersangka lainnya, diantaranya:

1. AAL selaku Direktur Utama Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika

2. GMS selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia

3. YS selaku Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia Tahun 2020

4. MA selaku Account Director of Integrated Account Department PT Huawei Tech Investment

5. IH selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy

Atas perbuatan tersebut, para tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (Red).

Share This Article