Tingkatkan Promosi Produk UMKM Lokal Mahasiswa UTM Fasilitasi Program Afiliasi Komunitas UMKM dengan Komunitas Ojek Lokal Bangkalan

Redaksi
By Redaksi
3 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Komunitas UMKM dan Komunitas ojek lokal yang berlokasi di Kelurahan Kraton telah menjalin kerjasama pendistribusian produk sejak bulan Oktober lalu. Kerjasama atau afiliasi ini dijembatani oleh kelompok Mahasiswa Psikologi Universitas Trunojoyo Madura yang merupakan fasilitator utama dalam tersebut. Selain itu, program juga didukung oleh pihak HIMPSI Bangkalan.

Komunitas yang terlibat dalam program ini adalah komunitas UMKM di Kelurahan Kraton yang berjumlah sekitar 17 UMKM dan komunitas ojek ABANK Kurir Bangkalan yang beroperasi di wilayah sekitar Bangkalan dan memiliki basecamp di Kelurahan Kraton.

Program ini diawali dengan dilakukannya survei dan pendataan UMKM apa saja yang bersedia untuk mengikuti program ini. Tidak ada syarat khusus bagi UMKM apapun yang ingin mengikuti program ini. Namun fasilitator mengutamakan UMKM dengan akses promosi yang terbatas seperti UMKM rumahan dan UMKM pinggir jalan.

Hal ini sejalan dengan tujuan dari komunitas ojek ABANK Kurir Bangkalan itu sendiri yaitu guna memajukan UMKM berkembang dengan membantu mempromosikan produk mereka melalui katalog yang tersedia dalam sebuah grup khusus yang disediakan oleh ojek ABANK Kurir Bangkalan.

Tanggapan dari pihak yang terkait dapat dikatakan positif meskipun program ini sendiri baru berjalan kurang lebih selama seminggu. Pihak UMKM mengatakan bahwa setelah bergabung dengan program afiliasi ini penjualan mereka meningkat dari sebelumnya. Sedangkan dari pihak ojek ABANK Kurir Bangkalan program ini sangat membantu dalam meningkatkan konsumen dari ruang lingkup kelurahan Kraton.

“Ya, kemarin ada beberapa kali pesanan masuk dari ABANK Kurir” ungkap Cak Gondrong, salah satu pelaku UMKM di Kraton.

Sementara itu, Dony Pranata selaku pemilik usaha komunitas ojek ABANK Kurir Bangkalan menyampaikan bahwa banyak sekali manfaat yang di dapatkan dari kegiatan tersebut.

“Istilahnya, nambah konsumen lah di ruang lingkup Kraton sini, UMKM yang tadinya malu-malu minta bantuan ke ABANK Kurir itu sekarang sudah jadi lebih, apa ya, lebih luwes lagi, lebih terbuka lagi” Ujarnya.

Sebelum adanya program ini, UMKM di Kelurahan Kraton cenderung memasarkan produknya secara konvensional Padahal beberapa produk yang mengikuti program ini sudah memiliki branding dan pengemasan produk yang menarik sehingga sangat disayangkan jika produk mereka dipromosikan dengan cara yang biasa saja.

Oleh karena itu, dengan melihat potensi-potensi yang ada, kelompok mahasiswa UTM memutuskan untuk membuat program afiliasi ini untuk meningkatkan pendistribusian produk UMKM di Kelurahan Kraton agar lebih dikenal secara luas sekaligus menaikkan eksistensi Komunitas ojek ABANK Kurir Bangkalan. (Sol)

Share This Article