Kedai Rimpang Tawarkan Cafe Kekinian, Memberikan Warna Baru Jamu Tradisonal Madura

Redaksi
By Redaksi
3 Min Read
Kedai Rimpang yang berada di Jln. Seludang no. 37 Pajagalan, Sumenep.

SUMENEP, Suararakyat.id – Jika dahulu untuk menikmati Jamu tradisional hanya bisa di mbok gendong, sepeda keliling, atau kedai kecil di pinggir jalan. Maka kedai rimpang milik Jakfar Sodik hadir dengan desain modern nan kekinian yang menarik. Di tangan pria asal Sumenep ini jamu berhasil di kemas dengan konsep kekinian.

Berangkat dari keinginan untuk melestarikan jamu tradisonal Madura, Jakfar memanfaatkan peluang bisnis jamu tradisional secara praktis sesuai dengan perkembangan zaman.

 “Saya sendiri penikmat jamu, berangkat dari keresahan saya karena tidak ada tempat untuk menikmati jamu yang nyaman dan representatif. Maka muncul inovasi kedai rimpang ini,” kata Jakfar.

“ Kita tahu, Jamu identik dengan rasa yang pahit dan tempat dengan suasana tua dan ketinggalan zaman, sehingga sebagian orang mulai meninggalkan kebiasaan minuman sehat secara perlahan,“ imbuhnya.

Kafe jamu “Kedai Rimpang” menghadirkan suasana yang lebih nyaman untuk menikmati secangkir jamu hangat maupun dingin. Selain itu, kafe jamu ini membuat inovasi yang menjadikan jamu naik kelas.

Ditempat ini jamu diseduh dengan alat-alat yang higenis layaknya di coffee shop. Kedai rimpang meracik jamunya seperti mocktail. Penyajiannya menggugah selera dengan paduan rasa yang unik dan segar. Tak ketinggalan jamu kekinian yang sifatnya praktis, dikemas dalam cup modern hingga botol literan.

“Tagline kita adalah sehat kekinian, kita juga menginginkan anak muda lebih aware terhadap kesehatan, kedai rimpang hadir untuk memberikan warna baru jamu tradisional madura,” terangnya.

Kafe jamu milik jakfar ini sudah berusia 5 tahun, meski demikian kedai rimpang sudah memiliki cabang diantaranya, Sumenep, Pamekasan dan Sampang. Meski termasuk baru kedai rimpang sudah banyak peminatnya. Hingga saat ini, mampu menembus pasar dalam rentang konsumen berusia 20-30 tahun.

Adapun produk produk utama Kedai Rimpang berupa Seduhan Jamu dan Susu, tersedia juga jamu dalam kemasan sachet untuk di seduh di rumah. Cafe jamu ini menyajikan beberapa menu antara lain: Wiraraja, Sakera, Gatot Kaca, Kuncup Wangi, Kuncup Sirih yang dijual di dalam bentuk sachet dan botol. Pengunjung dapat menikmati jamu di kafe kedai rimpang ataupun menyeduhnya di rumah.

Kedepan, Jakfar berharap kedai miliknya semakin berkembang dan dikenal masyararakat, sehingga kedai rimpang menjadi salah satu warna dari madura untuk melestarikan jamu tradisional. (Sol)

Share This Article