Kolaborasi dengan STAI MUAFI SAMPANG, DPP IMAN Sukses Gelar Pelatihan Pembuatan Biskuit Ternak

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Antusias peserta saat menyimak penyampaian materi pembuatan biskuit ternak Urea Molasses Block (UMB), Sabtu (3/6).

SAMPANG, Suararakyat.id – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Alumni Nazhatut Thullab (DPP IMAN) menggelar pelatihan teknis pembuatan biskuit ternak Urea Molasses Block (UMB), Sabtu (3/6/2023). Kegiatan tersebut bekerja sama dengan STAI MUAFI SAMPANG yang bertempat di Desa Ketapang daya, Ketapang, Sampang.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat khususnya peternak sapi dan kambing. Selain itu, untuk memberikan sebuah pengetahuan dan kemampuan baru bagi mahasiswa yang tidak didapatkan di ruang kelas.

“Harapan dari adanya pelatihan pembuatan biskuit ternak ini adalah untuk peningkatan kesejahteraan peternak, dan menjadi sebuah pengetahuan baru bagi mahasiswa khususnya mahasiswa STAI MUAFI SAMPANG yang nantinya dapat diterapkan pada saat KPM” tutur Dr. Zaglul Fitrian., Lc. M.A, Ketua Stai Muafi Sampang saat memberikan sambutan.

Kegiatan pelatihan tersebut dapat berjalan lancar berkat dukungan dari Civitas akademika Stai Muafi Sampang dan Dema Stai Muafi Sampang.

Selain penyampaian materi pelatihan pembuatan biskuit ternak, kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek langsung yang dipandu oleh pemateri yakni Taupik yang merupakan mahasiswa jurusan peternakan Universitas Madura.

Sementara itu, Ketua umum DPP Ikatan Mahasiswa Alumni Nazhatut Thullab, Moh. Abdhalul Farizi berharap agar kegiatan pelatihan tersebut dapat memberi manfaat untuk masyarakat. 

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi sebuah penunjang untuk masyarakat dan terutama mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan dan memberikan dampak terhadap masyarakat luas,” ujar Faris sapaan akrabnya.

Sebagai tambahan informasi, biskuit ternak atau Urea Molasses Block (UMB) tersebut berguna untuk meningkatkan nutrisi ternak dan meningkatkan nafsu makan ternak. Biskuit tersebut dibuat dari bahan utama berupa Molases (tetes tebu) sebagai sumber energi, urea sebagai sumber nitrogen (protein) dan bahan bahan lain sebagai bahan pengisi. (Sol)

Share This Article