Mahasiswa UTM Gelar Lomba dan Bazar UMKM untuk Membangkitkan Potensi Ekonomi Desa Tlanakan

Redaksi By Redaksi
2 Min Read

BANGKALAN, Suararakyat.id – Mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar lomba sekaligus bazar UMKM di Desa Tlanakan. Selasa, (5/12/2023). Hal ini bukan hanya sekedar rangkaian kegiatan akhir, tetapi juga merupakan bagian dari program kerja mahasiswa yang bertujuan untuk membangkitkan potensi ekonomi dan memperkenalkan produk lokal.

Berbagai macam lomba yang diadakan oleh mahasiswa UTM sebagai bentuk dedikasi mahasiswa untuk pengembangan masyarakat. Kegiatan tersebut diantaranya:

Lomba UMKM Berinovasi

Enam mahasiswa UTM terlibat dalam pengorganisasian lomba yang menyoroti inovasi di bidang UMKM. Lomba ini memberikan kesempatan kepada pelaku usaha lokal di Desa Tlanakan untuk menampilkan produk-produk mereka dan bersaing secara sehat. Kategori lomba mencakup produk terinovatif, pemasaran terbaik, dan pengembangan bisnis.

Adapun lomba have fun bersama warga seperti lomba menangkap itik, nyo’on geddeng serta lomba Tartilul Qur’an dan lomba adzan untuk siswa SD.

Bazar UMKM Lokal

Selain lomba, bazar UMKM turut diselenggarakan untuk memberikan peluang kepada para pelaku usaha lokal memamerkan dan menjual produk-produk mereka secara langsung kepada pengunjung. Produk-produk yang ditawarkan melibatkan berbagai sektor, termasuk kuliner khas, kerajinan tangan, dan hasil pertanian lokal.

Ketua pelaksana, Ayuning Fitriya W, menyatakan, “Kami berharap melalui bazar ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan mendukung produk-produk lokal. Selain itu, kami ingin menciptakan hubungan yang lebih erat antara UTM dan masyarakat Desa Tlanakan.” tuturnya.

Sentuhan Budaya Melalui Musik Tong-Tong

Agar suasana semakin meriah dan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Madura, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan m tarik tambahan bagi para pengunjung.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan positif dari pemerintah Desa Tlanakan dengan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa UTM ini. Kepala Desa Tlanakan, H. Kali, menyampaikan apresiasi atas upaya mahasiswa dalam mendukung ekonomi lokal dan memperkenalkan potensi Desa Tlanakan kepada masyarakat luas.

Acara ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa UTM untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat secara nyata. Semangat dan antusiasme yang terpancar dari acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi inisiatif serupa di masa mendatang. (red)

Share This Article