Pancasila Sebagai Rumah Pemersatu Bangsa

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Pancasila rumah kita bersama

NASIONAL, suararakyat.id – Hari Lahir Pancasila sebelum ditetapkan pada tanggal 1 Juni, tidak pernah diperingati secara tetap dan tidak pasti dalam setahun sekali. Namun, melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila.

Bahri Harahap, SE. sebagai Ketua Umum Lembaga Pemberantas Korupsi (LPK) menilai penting untuk memperingati hari Lahir Pancasila.

Karena moment 1 Juni sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa dan mengembalikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar Negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia dalam sendi-sendi berbangsa dan bernegara. Papar Bahri. 1/06/2022.

Menurut Handreyanzah, Ketua DPD LPK Jawa Timur ditempat yang berbeda, hari Lahir Pancasila merupakan momentum sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Tak hanya mengingat, tetapi juga mengenang, menghormati, juga menghargai.

Dengan merayakan hari lahir Pancasila, kita membangun persatuan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila ibarat rumah, bintang pemandu yang memuat visi dan misi negara, yang memberi arah dan orientasi bagi pembangunan masa depan negara. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus menawarkan harapan masa depan, terutama dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia.

Dilanjutkan, “Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa, pemersatu masyarakat dengan segala perbedaan yang ada”. Tutupnya. (Yhoel)

Editor : Sol.

Share This Article