Rumah Warga di Banyuates Hangus Terbakar

Redaksi By Redaksi
1 Min Read
Kondisi rumah warga setelah hangus terbakar. Foto: Istimewa

SAMPANG, Suararakyat.id – Rumah milik Hamdani (60), warga Dusun Panduan, Desa Tebanah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, hangus dilalap api. Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 Wib Rabu, (31/5/2023).

Kasi Operasional Pemadam, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Daerah Kabupaten Sampang, M Maftuh Fathorahman membenarkan kejadian tersebut.  Ia mengatakan mulanya percikan api tersebut muncul berasal dari kabel listrik di samping rumah Hamdani.

“Karena semakin membesar, pemilik rumah dan warga setempat mencoba dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun usahanya tidak membuahkan hasil, karena api terus menjalar dan membesar,” ungkapnya.

Karena khawatir kobaran api terus membesar dan menjalar ke pemukiman, pihaknya yang sudah dihubungi pihak TSSK Banyuates, langsung ke lokasi kejadian. Selang 15 menit kemudian, pihak Damkar Pos Ketapang tiba dan langsung melakukan pemadaman. Kobaran api berhasil dipadamkan selama 1,5 jam lamanya.

“Kami kerahkan satu unit mobil Damkar dari Pos Ketapang. Dan kami juga dibantu Babinsa dan warga. Namun karena api cukup besar, rumah korban pun ludes,”  terangya. 

Adapun dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran tersebut akibat konsleting listrik. Hal ini karena berdasarkan keterangan dari saksi melihat api di aliran listrik atas teras rumah. Akibat kejadian tersebut kerugian diperkirakan sebesar Rp 80 juta. (Red)

Share This Article