Antusias Gotong Royong Warga di Desa Pasarenan: Membangun Desa Bersih dan Nyaman

Redaksi By Redaksi
3 Min Read
Antusias warga gotong royong membersihkan lingkungan. (foto: dok.Suararkyat.id)

SAMPANG,Suararakyat – Antusias gotong royong menjaga lingkungan yang baik sampai saat ini masih dilestarikan. Seperti halnya kerja bakti yang dilakukan oleh puluhan warga di Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Minggu (19/6).

Lapisan masyarakat Pasarenan semangat gotong royong untuk memperbaiki jalan dan membersihkan lingkungan. Dalam kegiatan tersebut TOMAS (Tokoh Masyarakat) dan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna Cakra dn PR. NU Pasarenan juga ikut andil membersihkan dan memperbaiki jalan yang rusak tepatnya di dusun Anjir.

Jalan menjadi kebutuhan utama dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti kegiatan perekonomian dan lain sebagainya. Penyebab rusaknya jalan diakibatkan muatan barang (Material) yang sangat berat dan membuat jalan berlubang sehingga saat hujan tiba air pun tergenang. Kegiatan Kerja Bakti ini lahir dari semangat TOMAS, pemuda dan warga sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Selain itu, kepedulian terhadap lingkungan bukanlah hanya kewajiban pemerintah, melainkan menjadi kewajiban bersama sebagai makhluk yang cinta akan sosial, lingkungan dan menginginkan kemajuan desa.

Pembina Karang Taruna Cakra, Moh. Yasin menuturkan, kerja bakti ini akan dirembukan lagi bersama TOMAS setempat agar menjadi kegiatan rutin di Desa.

Tanpa instruksi atau persuasif, lanjut dia, warga memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap lingkungan mereka. Sehingga setiap kerja bakti digelar tak hanya satu dua orang yang terlibat, melainkan hingga puluhan orang yang sama-sama ikut terjun dalam kerja bakti.

“Kerja bakti ini inisiatif warga dan tentunya didukung oleh kami dari PEMDES, kami juga mengajak semua lapisan masyarakat yang ada di Desa Pasarenan dintaranya organisasi kepemudaan dan PR. NU Pasarenan”

Dhofir selaku bagian dari pengurus Karang Taruna Cakra menuturkan Sebanyak 30 warga ikut dalam kerja bakti tersebut. “Mereka kerja bakti karena manfaatnya sangat terasa oleh warga mengingat, perbaikan yang dikerjakan itu merupakan jalan yang menjadi kebutuhan primer baik warga yang mau belanja dan keperluan penting lainnya” ucapnya.

Moh. Yasin menambahkan, pihaknya sangat mendukung kekompakan warga. Meski hanya menyediakan minum dan rokok namun hal itu jadi penambah semangat warga.

“Semoga kesadaran dan kekompakan warga kami tetap bertahan dan terus meningkat, karena kalau bukan kami yang menjaga lingkungan kami, siapa lagi,” pungkasnya. (Die)

Editor: Sol

Share This Article