Berdayakan Petani, ABDIMAS UTM Kelompok 40 Beri Edukasi Budidaya Tanaman Padi Berkualitas di Dusun Asemtalai Sampang

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Moh. Arifudin saat menyampaikan materi Budidaya tanaman padi, pada acara sosialisasi, Selasa (10/01).

SAMPANG, Suararakyat.id – Abdimas UTM kelompok 40 periode 2022/2023 melakukan sosialisasi budidaya tanaman padi kepada kelompok tani di dusun Asemtalai, desa Labuhan, Kecamatan Sreseh Sampang. Pada sosialisasi tersebut di fasilitasi oleh bapak Jawahir, S.Pdi selaku kepala desa Labuhan serta pemerintahan Desa Labuhan yang dilaksanakan di Aula mushola kepala dusun Asemtalai, Selasa, (10/01/2023).

Kepala desa Labuhan Jawahir, S.Pdi sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada kelompok tani yang ada di dusun Asemtalai yang mengikuti sosialisasi budidaya tanaman padi yang diadakan oleh Abdimas UTM kelompok 40, Ia berharap pemaparan materi yang disampaikan oleh Moh. Arifudin dan Elfanny Dwita Susanti selaku pemateri serta salah satu Mahasiswa Fakultas Pertanian bisa bermanfaat bagi kelompok tani di dusun Asemtalai.

“Saat ini, sektor petanian itu mengalami modernisasi, jadi kegiatan diadakan oleh adik – adik KKN dari UTM bertujuan memberikan ilmu untuk mengembangkan sektor pertanian, kalau dulu bajak sawah menggunakan sapi, sekarang di bantu dengan mesin traktor yang lebih efektif dan efisien ” Ungkap Jawahir.

Foto bersama mahasiswa UTM dengan kelompok tani di dusun Asemtalai, Sampang. Selasa, (10/01).

Adapun sosialisasi yang diadakan meliputi:

1. cara menanam padi sesuai dengan SOP pertanian,

2. cara merawat tanaman padi sehingga mendapatkan hasil panen yang maksimal dan memusakan,

3. Mengenai obat/pupuk apa saja yang digunakan padi sehingga terhindar dari hama yang mengganggu tanaman.

Miftahul Arifin selaku ketua kelompok tani, merasa senang dengan adanya sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa team ABDIMAS UTM tersebut.

“Terima kasih kepada adik – adik pengabdian masyarakat UTM yang sudah mengadakan sosialisasi budidaya tanaman padi, kami kelompok tani di dusun Asemtalai mendapatkan ilmu baru yang dapat kami gunakan dalam menanam padi, untuk menghasilkan padi yang berkualitas lebih baik” Ungkapnya.

Ditempat yang sama, Alifa Tri Mustika Kirana salah satu mahasiswa Abdimas menyampaikan harapannya. “Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap masyarakat Dusun Asemtalai dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai budidaya tanaman padi yang telah disampaikan oleh pemateri” Pungkasnya. (Sol)

Share This Article