Tekankan Kemajuan Teknologi, Mahasiswa ABDIMAS UTM Beri Pelatihan Komputer Pada Siswa MTS Al Bukhary Sampang

Redaksi By Redaksi
2 Min Read
ISTIMEWA: Foto bersama mahasiswa Abdimas UTM bersama siswa/siswi MTS Al Bukhary Sampang, Kamis (5/1).

SAMPANG, Suararakyat.id – Mahasiswa pengabdian masyarakat Universitas Trunojoyo Madura kelompok 40 mengadakan kegiatan pelatihan tentang teknologi komputer di MTS Al Bukhary Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, Sampang, Kamis (05/01/2023).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditargetkan sebagai pengabdian masyarakat dalam rangka untuk mengajarkan Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan pemanfaatan teknologi komputer.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi di MTS Al Bukhary terkait perkembangan teknologi pada masa kini. Agar siswa/siswi dapat memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas & efisiensi dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar siswa.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah wawasan siswa/siswi pada ruang lingkup teknologi khususnya pada teknologi komputer beserta software pengolah data yang kami ajarkan” Ungkap Putri Ardhana Salah satu mahasiswa Abdimas.

Selain itu, manfaat kegiatan ini yaitu lebih dekat dengan era digital, dengan menjadikan keberadaan komputer hampir selalu berada di sekitar mereka, seperti sekolah, kantor, supermarket, bank, dan lain sebagainya. Mengingat komputer di era sekarang makin fleksibel dan makin dengan mudah digunakan oleh semua orang.

Bentuk pengajaran yang di praktekkan kepada siswa/siswi Mts Al Bukhary dilakukan dengan pendekatan secara perlahan namun memberikan hasil yang maksimal. Dalam pelatihan mengenai teknologi komputer dan software ini, sebisa mungkin diberikan materi pelatihan yang tidak membosankan karena mengingat target pelatihan masih remaja yang gampang bosan.

Selain itu, dalam kegiatan pelatihan juga diselingi dengan adanya game dan challange agar para siswa tetap tertarik dengan pelatihan yang diberikan. Para siswa juga di berikan kesempatan praktek langsung dengan membuat tampilan powerpoint dan membuat tulisan pada word semenarik mungkin sehingga mengembangkan kemampuan mereka.

Moh Wahyudi salah satu siswa MTS Al Bukhary merasa senang dengan adanya mahasiswa di yang membantu mengajar di sekolahnya.

“Saya bersama siswa lainnya sangat senang, dengan adanya kakak-kakak mahasiswa, membantu kami mengajarkan komputer, proses pembelajarannya juga tidak membosankan,” Ungkapnya.

Para terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini, Selain antusias dari seluruh siswa, staf pengajar juga memberikan sambutan hangat dan apresiasi kepada mahasiswa pengabdian masyarkat dari UTM. (Sol)

Share This Article