Nikuba, Alat Pengubah Air Jadi BBM Jadi Sorotan

Redaksi By Redaksi
2 Min Read

NASIONAL,Suararakyat.id – Teknologi Nikuba berhasil dilirik oleh dunia internasional. Alat pengubah air menjadi bahan bakar tersebut kini tengah menjadi sorotan publik, pasalnya diklaim mampu menghemat bahan bakar minyak (BBM) secara signifikan.

Aryanto Misel (67), sang penggagas mengatakan jika teknologi tersebut mampu mengkonversi air dengan sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar.

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor,” ungkap Aryanto dikutip dari laman resmi TNI Angkatan Darat, Selasa (4/7/2023).

Teknologi Nikuba mendapat kesempatan diundang ke Milan untuk mempresentasikan alat tersebut pada beberapa pabrikan otomotif Italia pada 18 Juni 2023 lalu.

Sementara itu, Dosen teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Jayan Sentanuhady mengatakan, teknologi yang mampu mengubah air jadi BBM sangat mungkin terjadi. 

“Sudah ada sejak zaman dulu kala dan sudah diimplementasikan kok. Banyak kan alat elektrolisis dijual di market. Cuma harganya masih mahal ya. Dan butuh listrik eksternal,” jelas dia. 

Jayan menjelaskan, ada 4 metode yang bisa digunakan untuk mengubah air menjadi BBM, di antaranya: Thermochemical Processes, Electrolytic Processes, Photolytic processes dan Biological Processes. Namun yang paling populer digunakan adalah electrolytic processes. (Red)

Share This Article