Sosialisasi Pencegahan Wabah PMK: Mahasiswa UTM Kunjungi Peternak Sapi Desa Trageh Bangkalan

Redaksi By Redaksi
2 Min Read
Mahasiswa kelompok KKN-T 79 UTM terjun kelapang untuk melihat kondisi penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak di desa Trageh. (foto: dok.suararakyat.id)

BANGKALAN, Suararakyat.id – Akhir-akhir ini marak penyebaran penyakit mulut kuku pada hewan ternak seperti Sapi, Kerbau, Jerapah, Unta, Domba dan lain-lain khususnya hewan Sapi dan Kambing. Pengabdian masyarakat kelompok KKN-T 79 Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan terjun kelapangan bertujuan melihat penyebaran Penyakit Mulut Kaki (PMK) di Desa Trageh, Kecamatan Trageh, Bangkalan.

Mahasiswa KKN-T 79 UTM berinisiatif untuk melihat kondisi ternak yang berada di Desa Trageh, Kecamatan Trageh untuk memberikan informasi tentang bahaya, dampak, penyebab serta cara pencegahannya terhadap PMK.

Penyebab Terjangkitnya Penyakit ini yaitu:

  1. Kontak langsung dengan hewan yang tertular.
  2. Kontak tidak langsung melalui vektor hidup yakni terbawa oleh manusia.
  3. Kontak tidak langsung melalui bukan vektor hidup (terbawa mobil angkutan, peralatan, alas kandang dll.)
  4. Tersebar melalui udara, angin, daerah beriklim khusus (mencapai 60 km di darat dan 300 km di laut)

Cara Pencegahan PMK:

  1. Disposal yakni pemusnahan barang – barang yang terkontaminasi.
  2. Dekontaminasi yaitu semua barang yang masuk kandang perlu disanitasi dengan melakukan desinfeksi, fumigasi, atau disinari lampu ultra violet.

“Alhamdulillah untuk saat ini hewan ternak saya tidak terjangkit penyakit PMK” ujar bapak Nuruddin salah satu peternak yang berada di Desa Trageh.

Terdapat kurang lebih 10 Sapi yang dikunjungi langsung oleh Mahasiswa KKN-T 79 dan Alhamdulillah semua hewan ternak dalam keadaan sehat, serta sudah mulai terhindar dari wabah PMK. Ungkap Hotimatus Zahroh. (Sol)

Share This Article