Tradisi Turun Temurun, Gotong Royong Penurunan Perahu Masyarakat Pasongsongan

Redaksi By Redaksi
1 Min Read
Tradisi Penurunan Perahu Masyarakat Pasongsongan, Sumenep (foto: dok.Suararakyat.id)

Suararakyat.id – Kehidupan nelayan di Desa Pasongsongan yang sejak dulu terkenal sangat piawai dalam pembuatan perahu. Dan tradisi penurunannya secara gotong royong.

Tradisi ini diawali dengan Doa bersama untuk mendapatkan keberkahan. Pemilik perahupun melanjutkan dengan sedekah makan bersama sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada warga yang hadir memberikan doa dan bantuan tenaga.

Seperti pantauan Suararakyat.id, Masyarakat Pasongsongan saat gotong royong menurunkan perahu milik H. Hosen di Dermaga Pasongsongan, Senin pagi (18/6). Terlihat ratusan warga membantu proses penurunan perahu milik H Hosen (Warga Pasongsongan).

“Tradisi gotong royong ini sudah menjadi keharusan bagi kami sebagai ungkapan rasa syukur” Ujar H Hosen pemilik perahu kepada Wartawan Suara Rakyat.

Dalam kesempatan yang sama H.Hosen juga menyampaikan bahwa proses pembuatan Perahunya membutuhkan waktu dua bulan dengan menggunakan kayu jati pilihan. “Proses pembuatan perahu ini hanya memakan waktu dua bulan” Tambahnya. (RA)

Share This Article