30 Grup Musik Tong-Tong Bakal Semarakkan HUT Kabupaten Sumenep Ke-754

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

SUMENEP, Suararakyat – Kerinduan masyarakat terhadap semarak musik tong-tong akan segera terobati. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan FKPPI kembali menyelenggarakan Festival Musik Tong-tong 2023 dalam rangka memperingati 754 tahun berdirinya Kabupaten Sumenep  yang akan berlangsung pada  Sabtu, 14 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB.

Musik Tong-tong merupakan kesenian tradisional dari empat Kabupaten se-Madura. Festival musik tong-tong tersebut akan digelar di pusat kota Sumenep. Mereka akan unjuk kebolehan saat memperebutkan piala bergilir Bupati Sumenep dengan total hadiah Rp 75 juta.

Diketahui, festival musik Tong-tong ini akan mempertemukan 30 grup musik Tong-tong se-Pulau Madura. Adapun tim juri Festival ini merupakan pakar atau pemerhati seni rupa di Madura.

“Musik tong tong merupakan karya besar  masyarakat Madura dan perlu dilestarikan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Lebih lanjut, Bupati yang biasa disapa Cak Fauzi ini mengatakan, perayaan Kabupaten Sumenep akan menjadi peluang baru bagi masyarakat Madura dalam melestarikan kesenian tradisional.

“Musik tong-tong merupakan karya besar masyarakat Madura dan perlu dilestarikan,” harapnya.

Untuk itu Bupati mengajak masyarakat Jatim untuk menghadiri dan menyelenggarakan acara HUT Bupati Sumenep ke 754 yang setiap kegiatannya diselenggarakan oleh pemerintah daerah berkoordinasi dengan masyarakat dan organisasi pendukung acara. 

“Kami mengajak masyarakat Jawa Timur untuk menyaksikan dan merasakan aura seni, budaya, dan tradisional Kerajaan Sumenep,” pungkasnya. (Hmz)

Share This Article