Tunjang prestasi Desa, Abdimas UTM Adakan Pagelaran Seni dan Festival Desa

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read
Pagelaran seni lomba tari yang di adakan oleh tim Abdimas UTM Kelompok 10, di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Selas (17/1).

PAMEKASAN, Suararakyat.id -Tim pengabdian masyarakat UTM kelompok 10 adakan beberapa lomba festival yang di laksanakan tangga 12 – 18 Januari 2023, bertempat di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Mahasiswa Abdimas UTM ini menjadi panitia dan melibatkan karang taruna dalam melaksanakan perlombaan yang bertemakan “PADAM” Prestasi dalam Desa Montok.

Festival ini diadakan dengan tujuan meningkatkan semangat bagi generasi muda untuk berprestasi dan dalam ajang perlombaan tingkat Desa. Sehingga, para peserta yang sudah mendapatkan juara dapat melanjutkan prestasinya ke tingkat yang lebih tinggi baik tingkat kabupaten, Provinsi, Nasional hingga Internasional.

Melalui kegiatan ini, Anas sebagai kordinator Desa Berharap ” Semoga acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama warga di Desa Montok dan meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak dan dewasa, memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba bagi, serta memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global” Ujar Anas.

Terdapat beberapa jenis perlombaan yang diadakan oleh tim Abdimas UTM kelompok 10, di antaranya lomba Lato-Lato yang di ayunkan dengan berjalan di lintasan secara bolak balik dengan jarak 3 meter. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat kalangan SD dan SMP yang di laksanakan di Desa Montok yang bertempat di Balai Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Sementara itu, masyarakat Desa Montok dan mahasiswa UTM ikut berpartisipasi untuk memeriahkan lomba Gebyar Festival , di antaranya lomba nyo’on gheddeng, mobile legend, lomba tari, lomba puisi, lomba mewarnai, dan lomba karaoke yang di laksanakan di pada malam hari.

Masyarakat sangat antusias dalam acara lomba gebyar festival tersebut, karena di samping ingin merasakan arti dari perjuangan, masyarakat juga meramaikan desa dan membangun tali silaturahmi antar tetangga agar semakin terjaga.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga setempat, warga sangat mendukung terselenggaranya acara dengan ikut membantu menyediakan tempat, keperluan serta kebutuhan demi terselenggaranya lomba tersebut. Anak – anak yang mengikuti lomba dan para pemenang setiap perlombaan juga cukup terhibur dengan hadiah yang sudah disediakan. (Sol)

Share This Article