Upaya Mendorong Kesadaran Literasi, BEM IAI-MU Pamekasan Launcing Bazar Buku

Redaksi By Redaksi
2 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAI-MU) Pamekasan launching Bazar Buku di Halaman Kampus IAI-MU Pamekasan, mulai tanggal 25 s/d 31 Oktober 2022.

Adapun Bazar Buku yang disediakan oleh BEM IAI-MU Pamekasan tersebut terdiri dari banyak gendre, mulai dari buku pendidikan, sosial politik, filsafat, hukum, hingga jenis buku yang berbau sastra.

Mahrus Sholeh, Ketua BEM IAI-MU Pamekasan menuturkan bahwa adanya bazar buku ini, tidak lain hanya untuk mendorong semangat dan kesadaran literasi dari mahasiswa IAI-MU Pamekasan.

“Ini adalah upaya yang dilakukan oleh kami agar mahasiswa IAI-MU melek literasi, karena tugas BEM salah satunya yakni mendorong kemajuan kampus,”

“jadi kalau mahasiswa IAI-MU malas baca maka mustahil akan lahir mahasiswa kritis,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan bahwa target adanya bazar buku ini tidak lain hanya untuk mahasiswa IAI-MU secara khusus, selebihnya untuk siswa, santri dan simpatisan.

“Langkah ini juga merupakan program pertama kali dilakukan di kampus, sebelumnya tidak ada, hal sedemikian tidak lain hanya untuk membangkitkan kesadaran literasi dalam mendukung kemajuan kampus,” ujar Mahrus saat ditemui disela-sela acara.

Pihaknya menegaskan bahwa BEM IAI-MU Pamekasan sudah bekerjasama dengan perusahaan Intra Publishing dari Malang, kurang lebih ada 500 buku yang tersedia nantinya,”ujar Presma yang juga pernah menerbitkan buku berjudul “Saatnya Muda Bersuara” tersebut.

Sementara, Ahmad Baiquni selaku Wakil Rektor 2 sangat mendukung kegiatan Launching Bazar Buku yang diadakan oleh BEM IAI-MU Pamekasan dalam mendorong kemajuan kampus.

Pada momentum Hari Santri Nasional, pihaknya menyampaikan”Santri sejak dulu tidak lepas dari baca buku, menulis dan kritis, jadi sebagai mahasiswa santri, kita tidak boleh lepas dari budaya santri, yakni membaca”tuturnya.

“Bagi mahasiswa, kalau kita beli buku maka akan terdorong untuk membacanya, beda dengan kita meminjam, kalau kita sudah berani membeli buku maka pasti akan dibaca, tidak mungkin tidak akan dibaca, upayakan program BEM ini dimaksimalkan oleh Mahasiswa,” tegas Baiquni dalam sambutannya.

Adapun dalam acara Launching Bazar Buku yang diadakan oleh BEM IAI-MU Pamekasan tersebut dikemas dengan Seminar Hari Santri Nasional dengan tema “Memperkokoh Budaya Mahasiswa Santri di Era Digitalisasi”.(Idrus)

Share This Article