Campor Lorjuk, Kuliner Khas Kabupaten Pamekasan yang Bikin Nagih

Redaksi
By Redaksi
2 Min Read

PAMEKASAN, Suararakyat.id – Campor Lorjuk merupakan salah satu makanan khas Masyarakat Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Jika anda berkunjung ke kota gerbang salam, Kuliner khas yang satu ini bisa anda temukan di Kecamatan Pademawu, dan disekitar perkotaan Kabupaten Pamekasan.

Kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir dan mencicipi kuliner khas asli Pamekasan yang satu ini, selain rasanya yang gurih, harganya sangat terjangkau murah.

Tidak hanya itu, kuliner yang sangat terkenal di pamekasan ini, pasti bikin anda ketagihan dan kepikiran untuk mencoba kembali.

Campor Lorjuk bahan dasarnya dari Lorjuk. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang sering ditemukan di pesisir pantai, pulau Madura. Bentuknya panjang dan orang-orang menyebutnya dengan kerang bambu atau kerang kuku.

Satu porsi Campor Lorjuk berisi irisan lontong, mie soun, kacang, kecambah, remahan rempeyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan diberi taburan lorjuk.

Kuliner ini tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan kerang bambu.

Sahrul, salah satu penikmat Campor Lorjuk asal tebbul, Pamekasan merasa sangat menyukai kuliner yang bikin lidah bergoyang dan perut kenyang tersebut.

“Saya kalau sudah makan kuliner campor Lorjuk rasanya tidak ingin buru-buru pulang dari tempat, karena selain gurih dan enak, kuah lorjuknya yang bikin mantap di lidah,” ujar mahasiswa BKPI IAIN semester 7 tersebut.

Sahrul menginginkan kuliner khas Pamekasan seperti Campor Lorjuk makin ramai dijual di daerah kota bahkan di pedesaan sebagai salah satu identitas makanan asli kabupaten pamekasan. (Idrus)

Share This Article